OJK harapkan MXGP dongkrak pertumbuhan ekonomi Sumsel

id ojk,mxgp,otomotif,pertumbuhan ekonomi,motorcross,ekonomi sumsel

OJK harapkan MXGP dongkrak pertumbuhan ekonomi Sumsel

Motorcross Grandprix (MXGP) (istimewa)

....Diakui faktor Asian Games tahun lalu cukup berpengaruh bagi Sumsel karena ada pembangunan infrastruktur dan kedatangan para pendatang....
Palembang (ANTARA) - Seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) 2019 di Palembang, Sumatera Selatan, 6-7 Juni 2019 diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah tersebut setelah melambat karena usainya gelaran Asian Games 2018.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional VII Sumatera Bagian Selatan Panca Hadi Suryanto di Palembang, Senin, mengatakan, jika ingin tetap mendapatkan performa baik pada 2019 ini  setidaknya Sumsel tetap memiliki pemicu perekonomian seperti ajang olahraga meski tidak sebesar Asian Games.

“Diakui faktor Asian Games tahun lalu cukup berpengaruh bagi Sumsel karena ada pembangunan infrastruktur dan kedatangan para pendatang sehingga wajar saja jika  2019 ini agak turun, tapi karena ada MXGP diharapkan tidak terlalu jauh,” kata Panca.

Ia mengatakan Sumsel yang dikenal sebagai satu-satunya provinsi yang fokus pada destinasi olahraga diharapkan terus mengembangkan keunggulan ini.

Sektor pariwisata merupakan sektor yang menjanjikan bagi Sumsel karena masih bisa berkembang di masa datang.

Kondisi ini berbeda dengan sektor pertambangan dan penggalian yang menjadi sumber perekonomian daerah sejak puluhan tahun lalu. Sektor ini cukup rentan karena tergantung dengan sumber daya alam dan harga di pasaran internasional karena sebagian besar diekspor ke luar negeri.

“Seperti beberapa tahun terakhir, harga batubara turun dan ini sangat berpengaruh pada perekonomian Sumsel. Untuk itu, perlu dikembangkan sektor lain seperti sektor pariwisata,” kata dia.

Pertumbuhan ekonomi Sumsel mengalami penurunan pada triwulan I 2019 jika dibandingkan triwulan IV 2018 yakni dari 6,04 persen menjadi 5,68 persen.

Adanya ajang MXGP diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sumsel karena diperkirakan akan dihadiri sekitar 1.500 wisatawan asing dari 28 negara.
Untuk menyelenggarakan event ini, Pemprov Sumsel sedang membangun sirkuit sepanjang 1,6 km di di Kompleks Olahraga Jakabaring itu dengan didampingi tim teknis asal Yunani.