Timnas Argentina lewati Qatar melaju ke perempat final

id timnas argentina,timnas qatar,copa america,timnas kolombia,timnas peru,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari i

Timnas Argentina lewati Qatar melaju ke perempat final

Penyerang tim nasional Argentina Sergio Aguero (kanan) didekati rekannya Lionel Messi saat merayakan gol ke gawang Qatar dalam laga pamungkas penyisihan Grup B Copa America 2019 di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Minggu (23/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Ueslei Marcelino)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Argentina berhasil melewati Qatar dan membukukan kemenangan 2-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup B Copa America 2019 di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brazil, Senin dini hari WIB, untuk melaju ke babak perempat final.

Dua gol yang dicetak Lautaro Martinez dan Sergio Aguero membawa Argentina berakhir sebagai runner-up Grup B dengan koleksi empat poin, demikian catatan laman resmi turnamen.

Argentina akan mendampingi Kolombia (9) yang jadi juara Grup B usai menang tipis 1-0 atas Paraguay (2) di pertandingan lain. Qatar jadi juru kunci dengan cuma punya satu poin dari penampilan perdana mereka sebagai tim undangan Copa America.

Kemenangan Argentina-Kolombia, sekaligus membuat Peru juga memastikan diri lolos ke perempat final sebagai salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup.

Baca juga: Jelang lawan Qatar, kondisi psikologis timnas Argentina bagus

Memasuki pertandingan dalam keadaan wajib menang, Argentina berusaha menekan Qatar sejak sepak mula dan hasilnya mereka berhasil memaksa lini pertahanan lawan melakukan blunder yang berbuah gol pertama.

Bek Qatar Boualem Khoukhi ditekan oleh Giovanni Lo Celso ketika memegang bola di dalam kotak penalti sendiri dan melepaskan umpan yang dipotong oleh Martinez. Penyerang Inter Milan itu lantas dengan tenang menaklukkan kiper Saad Al Sheeb untuk membawa Argentina unggul saat laga baru berjalan empat menit.

Kendati tertinggal Qatar tak lantas langsung kehilangan semangat mereka berusaha mencetak gol balasan namun sejumlah peluang yang diciptakan tak membuahkan hasil, tidak juga ketika eksekusi tendangan bebas Bassam Al Rawi berhasil melewati pagar hidup namun ditolak tiang gawang pada pengujung babak pertama.

Argentina kembali mengambil kendali permainan di awal babak kedua namun peluang jarak dekat Aguero berhasil dimentahkan oleh Al Sheeb pada menit ke-61.

Qatar perlahan mulai membawa bola ke sepertiga akhir lapangan lagi, namun peluang yang tercipta pada menit ke-70 lewat tembakan Akram Afif masih bisa dihentikan kiper Franco Armani dengan cukup mudah.

Tiga menit kemudian, megabintang Lionel Messi terlihat kehilangan konsentrasi ketika ia berdiri bebas dan memiliki ruang tembak cukup luas di dalam kotak penalti, namun penyelesaiannya malah melambung jauh terbang tinggi melenceng dari gawang.

Pada menit ke-82, Aguero memperoleh bola sodoran dari Dybala sebelum kemudian merangsek ke dalam kotak penalti melewati dua bek Qatar dan melesakkan tembakan ke area tiang jauh tak terjangkau Al Sheeb demi menggandakan keunggulan Argentina sekaligus "menghabisi" harapan Qatar.

Baca juga: Brasil, Venezuela ke perempatfinal, Peru berpeluang

Baca juga: Tampil bagus lawan Peru membuat nama Everton mulai dikenal


Susunan pemain:

Qatar (3-5-2): Saad Al Sheeb; Bassam Al Rawi, Boualem Khoukhi, Tarek Salman; Pedro Miguel (Hamid Ismaeil), Hassal Al Haydos, Salem Al Hajri (Abdullah Abdulsalam), Abdelaziz Hatim, Karim Boudiaf; Akram Afif, Almoez Ali
Pelatih: Felix Sanchez

Argentina (4-3-3): Franco Armani; Renzo Saravia, Juan Foyth (German Pezzella), Nicolas Otamendi, Nico Tagliafico; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso (Marcos Acuna); Lionel Messi, Lautaro Martinez (Paulo Dybala), Sergio Aguero
Pelatih: Lionel Scaloni