BUMN Hadir - Calon peserta jalani seleksi Siswa Mengenal Nusantara

id Calon Peserta Jalani Seleksi Siswa Mengenal Nusantara Di Gorontalo,SMN,Gorontalo,siswa,budaya,bank mandiri

BUMN Hadir - Calon peserta jalani seleksi Siswa Mengenal Nusantara

Kepala Bank Mandiri Gorontalo Imam Achmadi (kedua kiri) bersama GM PT PPI Hemly Jambo (kanan) berfoto bersama peserta ujian seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Kota Gorontalo, Minggu (23/6/2019). (ANTARA/Adiwinata Solihin).

Gorontalo (ANTARA) - Calon peserta dari berbagai SMA dan SMK menjalani seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di Kota Gorontalo.

Kepala Bank Mandiri Gorontalo, Imam Achmadi, di Gorontalo, Minggu, mengatakan para peserta mulai melakukan seleksi yang pertama, yaitu kesehatan, psikotes, akademik, serta budaya.

"Sebetulnya yang kami tekankan di sini adalah masalah kesehatan dan mental mereka," ucap dia.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi tersebut hasil kerja sama pihaknya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo.

"Melalui mereka, kepala sekolah diminta untuk melakukan seleksi di sekolah masing-masing untuk mendapatkan siswa berprestasi yang akan dikirim mengikuti seleksi tingkat provinsi," ucap dia.

Terkait dengan peserta yang akan mengikuti program tersebut, berjumlah 24 orang berasal dari siswa SMA, SMK, dan SLB, ditambah 10 guru pembimbing dan berprestasi yang akan mendampingi para siswa itu. Mereka akan mengikuti kunjungan ke Surabaya, Jawa Timur terkait dengan pelaksanaan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

"Jadi dari Program Siswa Mengenal Nusantara, kita akan memperkenalkan budaya Gorontalo, serta memperkenalkan pariwisata yang ada di daerah ini," kata dia.

Ia menambahkan bahwa Program Sekolah Mengenal Nusantara bertujuan menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air kepada para peserta.

Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di Gorontalo diselenggarakan oleh Bank Mandiri selaku koordinator serta PT PPI, Djakarta Lloyd, dan Indonesia Re selaku wakil koordinator.