Prajurit TNI Korem Gapo latihan antisipasi bencana alam di Sumsel

id Korem garuda dempo,Latihan penanggulangan bencana,prajurit tni,evakuasi korban bencana alam,korem gapo

Prajurit TNI AD Korem 044/Garuda Dempo (ANTARA News Sumsel/16)

Palembang (ANTARA) - Prajurit TNI di jajaran Korem 044/Garuda Dempo mantapkan latihan guna mengantisipasi bila terjadi bencana alam di wilayah Sumatera Selatan, seperti kebakaran hutan dan lahan, banjir, longsor, dan sebagainya.

Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Binsar J Simanjuntak di Palembang, Jumat mengatakan jajaran Kodim 0403/Ogan komering Ulu (OKU) melaksanakan latihan Posko untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor di tiga kabupaten.

Kabupaten yang menjadi prioritas dalam mengantisipasi bencana itu masing-masing Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan dan Ogan Komering Ulu Timur.

Prioritas pada tiga kabupaten tersebut karena wilayah tersebut rawan akan bencana terutama banjir dan longsor.

Untuk itu, pihak Korem Garuda Dempo melaksanakan latihan selama tiga hari supaya bila ada bencana anggotanya semakin siap.

"Selain itu,  latihan posko dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional jajaran Kodim 0403/Ogan Komering Ulu khususnya dalam mengimplementasikan protap yang ada, kata Kepala Seksi Operasi Korem Mayor Kav Delvi Marico.

Dalam latihan itu antara lain anggota Kodim 0403/Ogan Komering Ulu melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur dan Ogan Komering Ulu Selatan.

Dalam kesempatan itu,  Mayor Kav Delvi Marico meminta latihan tersebut benar-benar dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

Hal ini dengan harapan setelah mengikuti latihan Posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih tinggi terhadap setiap bencana yang terjadi di wilayah,ujar dia.

Selain itu juga diharapkan mampu menganalisa dan mengantisipasi ke depan untuk menentukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap potensi ancaman yang dapat terjadi, tambah dia.
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar