Polisi amankan 20 orang perusuh tes CPNS di Mimika

id Polisi amankan 20 orang perusuh test CPNS Mimika,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Arsip- Sekretaris Daerah Mimika Marthen Paiding bersama Ketua DPRD Mimika Elminus Mom dan sejumlah pejabat meninjau fasilitas laboratorium komputer milik SMPN 2 Mimika yang digunakan untuk test CPNS formasi 2018 secara online. (ANTARA News Papua/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Mimika, Papua mengamankan sekitar 20 orang perusuh saat berlangsung tes  CPNS Pemkab Mimika yang digelar di lokasi SMP Negeri 2 Mimika, Rabu.

Waka Polres Mimika Komisaris Polisi I Nyoman Punia di Timika, Rabu, mengatakan 20 orang yang mengatasnamakan kaum intelektual Amungme dan Kamoro itu diamankan lantaran membuat keributan saat akan dilaksanakan tes CPNS formasi 2018 di lingkungan Pemkab Mimika yang digelar secara online.

"Mereka tidak terakomodir untuk mengikuti tes CPNS karena tidak memenuhi persyaratan. Tapi mereka ngotot untuk ikut, bahkan mengancam untuk membatalkan pelaksanaan tes CPNS Pemkab Mimika," jelas Nyoman.

Atas dasar itulah, aparat kepolisian yang tiba di lokasi langsung mengamankan 20 orang tersebut. Selanjutnya mereka digiring menuju Mapolres Mimika di Jalan Agimuga Mile 32, Kuala Kencana untuk dimintai keterangan.

Adapun pelaksanaan tes CPNS Pemkab Mimika 2018 dibuka oleh Sekretaris Daerah Mimika Marthen Paiding.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemkab Mimika Paskalis Kirwelakubun mengatakan pelaksanaan tes CPNS formasi 2018 dilakukan secara online mulai Rabu (12/6) hingga Senin (24/6).

Baca juga: Lowongan CPNS kembali dibuka Mei atau Juni 2019

Peserta yang lulus seleksi administrasi sebanyak 2.455 orang dari total lebih dari 4.749 orang yang memasukkan berkas lamaran ke panitia seleksi daerah.

Para peserta akan memperebutkan 300 formasi yang tersedia, dimana 80 persen atau sejumlah 240 orang diperuntukkan bagi peserta Orang Asli Papua (OAP) dan sisanya 20 persen atau berjumlah 60 orang akan diperebutkan oleh peserta Non Papua tapi lahir dan besar di Papua (Labepa).

"Pelaksanaan seleksi CPNS 2018 yang dilaksanakan 2019 di lingkungan Pemkab Mimika yang dilakukan secara online berlangsung beberapa hari mengingat jumlah peserta yang ikut jauh lebih banyak dari fasilitas komputer yang tersedia di SMPN 2 Mimika. Oleh karena itu, kami membagi peserta dalam beberapa sesi. Untuk hari pertama hanya dua sesi masing-masing berjumlah 80 orang. Untuk selanjutnya dibagi dalam empat sesi dengan jumlah peserta 80 orang per masing-masing sesi," jelas Paskalis.

Setiap peserta, katanya, akan mengerjakan materi ujian dalam waktu 120 menit. Materi yang dikerjakan mencakup kompetensi dasar dan kompetensi bidang (kekhususan).

Paskalis menjelaskan bahwa materi tes CPNS formasi 2018 disusun oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat dan hasil kelulusan peserta sangat bergantung dari kemampuan mereka untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan.

"Soal ujian disusun dari pusat dan dibawa oleh pengawas dari BKN Pusat ke Timika. Kami tidak punya kapasitas untuk mengutak-atik soal ujian mengingat soal itu sudah tersegel dalam bentuk soft copy dan baru bisa diakses saat pelaksanaan test CPNS langsung ke server pusat. Hasilnya akan diumumkan oleh pusat, siapa yang memperoleh nilai tertinggi maka akan dinyatakan lulus sesuai formasi yang tersedia," jelasnya.

Adapun 300 formasi CPNS 2018 Pemkab Mimika itu terdiri atas 111 formasi tenaga kependidikan, 117 tenaga kesehatan dan 72 tenaga teknis.

Baca juga: CPNS wajib lengkapi surat keterangan sehat jiwa
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar