Kota Padang kekurangan pasokan cabai dan bawang merah

id cabai,cabai merah,bawang,padang kekurangan pasokan bawang,cabai dan bawang naik,pedagang bawang,pasar tradisional

Kota Padang kekurangan pasokan cabai dan bawang merah

Harga komoditas cabai dan bawang merah di Padang, Sumbar naik karena kekurangan pasokan. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Harga sejumlah komoditas di antaranya cabai merah dan bawang merah naik pada sejumlah pasar tradisional di Padang karena kekurangan pasokan.

Salah seorang pedagang, Donal (45) di Padang Minggu menyebut harga cabai naik cukup tinggi sejak tiga hari terakhir.

Sebelumnya komoditas yang seringkali menjadi penyebab inflasi di Padang itu dijual dengan harga sekitar Rp42 ribu per kilogram. Sekarang naik Rp13.500 menjadi Rp55.500 per kilogram.

Sementara bawang merah yang dua hari lalu dijual Rp33.500 per kilogram sekarang naik menjadi Rp38 ribu per kilogram.

Ia menyebut kenaikan harga itu disebabkan menipisnya stok pedagang karena pasokan dari daerah sentra cabai dan bawang tidak masuk.

"Barang dari Jawa tidak masuk, sementara komoditas lokal banyak yang dijual ke provinsi tetangga seperti Sumatera Utara," katanya.

Selain dua komoditas itu harga ikan laut dan udang di Pasar Raya Padang juga mengalami kenaikan. Cuaca buruk menyebabkan nelayan enggan melaut sehingga stok menipis.

Iman (55) salah seorang pedagang menyebut cuaca buruk sudah terjadi sejak tiga hari terakhir sehingga nelayan tidak melaut. Akibatnya harga ikan dan udang naik hingga 25-35 persen.

"Kalau biasanya ikan dijual Rp10 ribu untuk ukuran tertentu sekarang naik jadi Rp15 ribu. Udang yang biasa sekitar Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp75 ribu per kilogram," katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar