Dinas Sosial perhatikan kesejahteraan lansia

id dinas sosial sumsel,pemprov sumsel,lansia,perhatikan lansia,lanjut usia

Dinas Sosial perhatikan kesejahteraan lansia

Ilustrasi - Sejumlah warga lanjut usia (lansia) berada di panti jompo (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya memperhatikan kesejahteraan orang lanjut usia atau lansia yang berasal dari keluarga miskin di provinsi setempat.

"Untuk memperhatikan kesejahteraan lansia, secara bertahap menjalankan program perbaikan kamar mereka," kata Kepala Dinas Sosial Sumsel Rosyidin Hasan, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan,, pihaknya berupaya menjalankan Program Perbaikan Kamar Lansia secara selektif sehingga program tersebut benar-benar bisa berjalan dengan baik, tepat sasaran dan bermanfaat dalam memperbaiki kualitas hidup orang yang berusia lanjut.

Program tersebut akan dijalankan secara selektif karena dana yang dialokasikan untuk perbaikan kamar lansia itu jumlahnya terbatas.

Untuk mencegah terjadinya penyimpangan atau salah sasaran program tersebut, dilakukan pendataan siapa saja masyarakat yang lanjut usia pantas mendapatkan bantuan perbaikan kamarnya, katanya.

Sebelum program tersebut dijalankan di suatu daerah, pihaknya menurunkan tim survei guna melakukan pendataan siapa saja lansia yang layak dibantu dan berapa jumlahnya.

Dalam proses penentuan lansia yang akan dibantu, tim survei melakukan pengecekan persyaratan seperti kebenaran seorang lansia berasal dari keluarga kurang mampu, dan rumah yang dihuni milik sendiri atau punya orang lain (menyewa atau pinjam pakai).

Bagi lansia yang dinyatakan memenuhi persyaratan menerima bantuan program tersebut, akan dilakukan perbaikan kamarnya dengan alokasi dana sekitar Rp10 juta per kamar.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar