Pengunjung museum Palembang meningkat

id museum smb, museum palembang

Pengunjung museum Palembang meningkat

Dokumen - Pelajar kunjungi Museum SMB Palembang (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - Pengunjung Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, mengalami peningkatan selama masa libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019.

Selama libur Lebaran sepekan terakhir hingga kini jumlah pengunjung museum SMB II mencapai di atas 200 orang per hari sedangkan pada kondisi hari biasa hanya puluhan orang, kata Ulfa pengurus Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Rabu.

Pengunjung museum berasal dari berbagai daerah di Sumsel dan luar provinsi tersebut seperti dari Jakarta, Bandung, Solo dan ada juga beberapa orang wisatawan asing.

Pengunjung yang datang ke museum ini bisa menikmati 700 koleksi peninggalan sejarah dari zaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Koleksi tersebut berupa mata uang, prasasti, naskah kuno, guci, kain dan pakaian tradisional, piranti saji, aksesoris kamar pengantin, keris, pedang, serta koleksi senjata tajam lainnya.

Koleksi Museum SMB II Palembang yang berada di samping Jembatan Ampera itu bisa dilihat masyarakat setiap hari sesuai dengan jam buka museum.

Untuk menambah daya tarik masyarakat dan wisatawan asing berkunjung ke museum ini, pihaknya terus berupaya menambah koleksi benda peninggalan sejarah.

"Penambahan koleksi terkait Kesultanan Palembang perlu dilakukan untuk melengkapi benda sejarah serta menambah daya tarik masyarakat dan wisatawan berkunjung ke museum," ujarnya.