Banjir rendam 69 desa di Konawe, Sultra

id banjir,banjir konawe sultra,banjir rendam enam desa,bencana alam banjir

Banjir rendam 69 desa di Konawe, Sultra

Jembatan di Ameroro yang menghubungkan dari wilayah Konawe ke Kolaka dan daerah lain ambruk akibat banjir yang melanda daerah itu selama beberapa hari. (ANTARA)

Kendari (ANTARA) - Hujan lebat yang terjadi selama beberapa hari di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebabkan daerah itu banjir dan merendam sedikitnya 69 desa di daerah itu.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara melalui Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe, Rodi, dari Unaaha, Senin, mengatakan 69 desa tersebut tersebar pada 17 kecamatan yang ada di Konawe.

"Ke-69 desa, tersebar di 17 kecamatan, diantaranya Kecamatan Abuki, Anggaberi, Tongauna, Pondidaha, Amonggedo, Tongauna Utara, Konawe, Wonggeduku, Wonggeduku Barat, Sampara, Bondoala, Morosi, Unaaha," katanya.

Dampak dari banjir tersebut yakni terputusnya Jembatan Ameroro, sehingga memutuskan akses dari ibukota Konawe, Unaaha, menuju arah Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur.

"Bahkan, di Desa Ameroro terdapat dua unit rumah yang hanyut terseret arus banjir," katanya.

Saat ini kata Rodi, pihaknya bersama instansi terkait seperti Basarnas masih melakukan proses evakuasi terhadap warga mencari tempat pengungsian yang aman dari banjir.

"Kami belum bisa mengetahui pasti berapa rumah yang terdampak atau terendam akibat banjir yang merendam puluhan desa tersebut, karena masih fokus melakukan evakuasi terhadap warga yang tidak memungkinkan untuk bertahan di rumahnya," katanya.

Namun, Rodi menyebut, jumlah kepala keluarga yang terdampak dari bencana banjir itu mencapai angka 2.000 orang, sedangkan jumlah warga yang sudah mengungsi saat ini mencapai 1.000 orang.

"Kami sudah mendirikan tenda-tenda darurat untuk pengungsi, tetapi titik nya terbatas kami tidak bisa menjangkau beberapa tempat karena peralatan kami terbatas," katanya.

Selain itu katanya, pihaknya sudah melakukan penyaluran bantuan logistik kepada korban yang terdampak banjir, terutama yang ada di tenda pengungsian seperti makanan dan pakaian seadanya.