Indonesia gagal ke final Piala Merlion setelah ditaklukkan Thailand 1-2

id indonesia versus thailand,piala merlion,timnas u23,indra sjafri

Indonesia gagal ke final Piala Merlion setelah ditaklukkan Thailand 1-2

Witan Sulaeman (kanan) saat tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (25/3/2019). (ANTARA FOTO/R. REKOTOMO)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-23 Indonesia gagal ke final Piala Merlion 2019 usai ditaklukkan Thailand dengan skor 1-2 dalam laga yang berlangsung di Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, Jumat sore.



Disaksikan dari siaran langsung via laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat, gol Indonesia dicetak oleh Witan Sulaiman di menit ke-42.



Thailand sendiri menang berkat gol dari Saringkan Promsupa (penalti, 6') dan Ekanit Panya (12').



Dengan demikian, Indonesia akan bertanding untuk perebutan tempat ketiga pada Minggu (9/6) menghadapi tim yang kalah dari laga Singapura versus Filipina.



Dalam pertandingan kontra Thailand, pelatih timnas U-23 Indonesia Indra Sjafri menggunakan formasi 4-3-3. Di sisi serang, dia menurunkan penyerang tunggal Septian Bagaskara, diapit dua sayap Witan Sulaiman dan Feby Eka Putra.



Dengan strategi seperti itu, Indonesia justru berada dalam tekanan lawan sejak menit pertama.



Serangan Thailand membuat Bagas Adi Nugroho membuat pelanggaran di kotak penalti. Saringkan Promsupa lalu mengeksekusi tendangan 12 pas dengan baik dan membuat skor menjadi 1-0.



Enam menit kemudian, Thailand membuat skor menjadi 2-0 berkat gol dari Ekanit Panya.



Dalam kondisi tertinggal, Indonesia berupaya menghadirkan gol. Hal itu akhirnya terwujud di menit ke-42.



Melalui serangan kilat, Witan Sulaiman berhasil menemukan ruang di kotak penalti Thailand dan memasukkan bola ke dalam gawang usai mengecoh bek dan kiper lawan. Skor 2-1 bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.



Di paruh kedua, Indonesia bermain lebih baik dengan berani mengambill inisiatif menyerang.



Akan tetapi, nyaris tidak ada peluang berbahaya yang diciptakan. Pertahanan rapat skuat asuhan pelatih Alexandre Gama membuat Indonesia kesulitan mendekati gawang Thailand.



Rachmat Irianto sempat menggebrak dengan tendangan jarak jauh yang melambung di menit ke-82.



Gelandang Yakob Sayuri juga memiliki kesempatan di dalam kotak penalti di menit ke-90+3, tetapi bola tendangannya juga tidak tepat sasaran ke gawang yang dikawal Korraphat Nareechan.



Skor 2-1 untuk kemenangan Thailand pun tidak berubah hingga laga tuntas.



Berikut susunan pemain utama kedua tim.



Timnas U-23 Indonesia: Satria Tama-pg, Andy Setyo (kapten), Bagas Adi, Rizki Dwi, Asnawi Mangkualam, M. Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi, Gian Zola, Feby Eka, Septian Satria, Witan Sulaiman.



Timnas U-23 Thailand: Korrphat Nareechan-pg, Jaturapat Sattham, Chatnongkot Tongkiri, Shinnaphat Leeaoh (kapten), Ratthanakorn Maikami, Wisarut Imura, Sittichok Paso, Saringkan Promsupa, Kritsada Nontharat, Ekanit Panya, Marco Ballini.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar