Kelompok masjid meriahkan malam takbiran di Lubuklinggau

id Malam takbiran,Takbiran di lubuklinggau,Pawai takbiran,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi l

Kelompok masjid meriahkan malam takbiran di Lubuklinggau

Para peserta pawai takbiran di Kota Lubuklinggau Sumsel, Selasa (4/6) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Puluhan kelompok masjid dan mushalla di kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, memeriahkan malam takbiran dengan berpawai menggunakan mobil bak terbuka.

Pantauan Antara peserta pawai dilepas oleh Wali Kota Lubuklinggau Prana Putra Sohe dari Jalan Yos Sudarso tepat di depan halaman masjid Agung As - Salam, Selasa (4/6) malam sekitar pukul 20.30 WIB dengan didahului tarian gendang.

"Pawai ini sebagai ungkapan dari sambutan hari kemenangan ummat Islam setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa," Kata Wali Kota Lubuklinggau Prana Putra Sohe saat melepas peserta pawai.

Secara bergiliran 60 lebih mobil pawai dari berbagai masjid/mushalla di Kota tersebut bergantian lewat di depan pos pelepasan sembari menggemakan takbir dengan iringan beduk, rebana, serta dipenuhi ornamen-ornamen khas Idul Fitri, selanjutnya peserta bebas menyusuri rute manapun lalu kembali ke masjid masing-masing.

ia juga mengimbau agar peserta pawai takbiran tetap menjaga keamanan selama iring-iringan pawai, terutama mobil yang mengangkut anak-anak di bawah umur karena membahayakan namun mereka nampak gembira.

"Jangan ada yang berdiri di pinggir mobil, duduk saja, yang penting takbirannya jalan," ujarnya.

Pawai tersebut menyedot perhatian warga yang tengah melintas atau di antaranya memang sengaja menonton kegiatan tahunan tersebut

Riko Febrico, salah seorang warga mengaku sengaja membawa anaknya menonton pawai takbiran karena ingin menghabiskan malam takbiran di pusat kota.

"Suasana takbiran memang punya khas nya tersendiri, momen ini hanya terjadi setahun sekali, walaupun macet tapi tidak apalah, sekalian berbelanja kebutuhan lebaran," pungkas Rico.

Pawai takbiran sempat membuat dua ruas jalan Yos Sudarso padat merayap, namun ada pengawalan dari tim gabungan Polres, Kodim, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kota Lubuklinggau yang sigap mengatur lalu lintas.

Selain pawai takbiran, warga Kota Lubuklinggau banyak menghabiskan malam di Masjid Agung As-salam dengan berswafoto atau bersantai di halaman masjid.