Delapan orang anggota komite pemilihan dan banding akan disahkan di KLB PSSI

id klb pssi,exco pssi,ratu tisha destria,pssi,komite banding, komite pemilihan,sekjen pssi

Delapan orang anggota komite pemilihan dan banding akan disahkan di KLB PSSI

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria ketika bertemu pewarta di depan Garuda Store di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (31/5). (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria mengatakan, jumlah total anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan yang akan disahkan pada Kongres Luar Biasa (KLB) adalah delapan orang.

"Lima orang di komite pemilihan dan tiga orang di komite banding," ujar Ratu Tisha di Jakarta, Jumat (31/5) malam.

Dia melanjutkan, sebelum dibawa ke KLB, nama-nama nominasi anggota komite pemilihan (KP) dan komite banding pemilihan (KBP) harus sudah disetujui oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Para anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan nantinya dapat berasal dari orang-orang yang berkaitan atau tidak dengan sepak bola.

"Mereka boleh berasal dari keluarga sepak bola, bisa juga dari luar. Yang penting adalah independensinya terjaga," tutur Ratu Tisha.

PSSI sendiri menyatakan siap menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada 13 Juli 2019 di Jakarta.

Ada tiga agenda utama KLB tersebut yaitu revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI serta memilih anggota baru untuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan.

KP dan KBP ini nantinya bertugas untuk mengawal proses pemilihan para pengurus baru PSSI yang akan diadakan saat Kongres Biasa Pemilihan pada 25 Januari 2020.

"Saat itu dilakukan pemilihan kepengurusan PSSI untuk periode 2020-2024. Ini sesuai surat FIFA dan rapat Exco PSSI pada bulan Mei 2019," kata Ratu Tisha.