Nam Air buka jalur Solo-Banjarmasin

id Nam air, solo Banjarmasin

Nam Air buka jalur Solo-Banjarmasin

Jajaran PT Angkasa Pura I dan Manajemen Sriwijaya Air saat pelepasan Nam Air menuju Banjarmasin (Foto: Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Maskapai penerbangan Nam Air membuka rute Solo-Banjarmasin pulang pergi (PP) seiring dengan tingginya permintaan pasar di daerah tersebut.

"Rute ini sengaja kami buka mendekati masa mudik Lebaran 2019," kata Manajer Kantor Cabang Sriwijaya Air Surakarta Fredy J De Hart di Solo, Selasa.

Ia berharap rute penerbangan baru tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mudik dengan waktu lebih cepat. Selain itu, pihaknya juga berharap rute tersebut dapat mengembangkan perekonomian daerah.

Selain itu, dikatakannya, rute tersebut cukup potensial untuk menjaring pasar umrah dari Banjarmasin melalui Solo.

"Ternyata banyak warga Banjarmasin yang ingin melakukan perjalanan ibadah umrah melalui Solo. Itu salah satu pertimbangan kami membuka rute ini," katanya.

Ia mengatakan rute tersebut akan berlaku efektif mulai tanggal 28 Mei 2019. Untuk pesawat yang digunakan tipe ATR 72-600dengan kapasitas 70 kursi.

"Penerbangan ini akan melayani setiap hari pada pukul dari Solo 15.40 WIB dan tiba di Banjarmasin pada pukul 18.25 WITA. Selanjutnya, dari Banjarmasin berangkat pada pukul 14.25 WITA dan sampai Solo pada pukul 15.05 WIB," katanya.

Ia mengatakan untuk harga tiket rute Banjarmasin-Solo Rp1,8 juta, sedangkan Solo-Banjarmasin harga tiketnya Rp1,2 juta. Menurut dia, harga tiket ini sudah termasuk airport tax dan ekstra bagasi 10 kg.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta Abdullah Usman mengatakan selama ini Banjarmasin merupakan rute emas yang banyak diminati penumpang baik dari Solo maupun mau ke Solo.

"Dari data kami, tingkat keterisian untuk Solo-Banjarmasin cukup tinggi, yaitu mencapai 80 persen," katanya.

Ia berharap dibukanya rute tersebut dapat diikuti oleh pembukaan rute lain oleh sejumlah maskapai lain.