Satgas Dinkes Sumsel periksa urine pengemudi

id Pengemudi

Satgas Dinkes Sumsel periksa urine pengemudi

Ilustraso - Seorang pengemudi angkutan Lebaran jurusan Yogyakarta-Jakarta (kiri) menjalani tes urine di Terminal Temanggung, Jawa Tengah. (ANTARA/Heru Suyitno)

Palembang (ANTARA) - Satuan Tugas Dinas Kesehatan Sumatera Selatan melakukan pemeriksaan urine bagi para pengemudi kenderaan umum yang akan mudik Lebaran untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka prima atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuraini di Palembang, Selasa mengatakan, pemeriksaan urine itu untuk mengetahui kesehatan para pengemudi, apakah mereka pengguna narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya atau tidak.

"Itu penting karena pengemudi yang menggunakan narkoba sangat berbahaya," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait melaksanakan pemeriksaan urine bagi para pengemudi yang mudik Lebaran.

Sementara mengenai pengemudi yang melakukan pemeriksaan urine sendiri untuk seluruh jenis angkutan seperti angkutan antar kota dalam provinsi.

Begitu juga pengemudi bus reguler antar kota antar provinsi akan dilakukan tes urine sehingga mereka nantinya saat mengendarai dalam kondisi tetap prima.

"Yang jelas keselamatan penumpang harus diutamakan dan salah satunya pengemudi harus bebas dari narkoba," ujarnya.

Selain pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi pihaknya juga mendirikan posko mudik bersama.

Dalam kesempatan itu Kadis berharap arus mudik dan balik lebaran 2019 berjalan lancar.