BMX dan Track berpeluang besar lolos ke Olimpiade Tokyo

id Raja sapta oktohari, balap sepeda, olimpiade tokyo, sea games 2019

BMX dan Track berpeluang besar lolos ke Olimpiade Tokyo

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari (tengah bawah) memberikan keterangan terkait persiapan pebalap Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2019 dan Olimpiade Tokyo di Jakarta, Senin malam (27/5/2019). Antara/Bayu Kuncahyo

Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda dari disiplin BMX dan track berpeluang besar lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, mengingat pebalap yang ada saat ini dinilai cukup mumpuni dalam mengejar tiket turnamen multievent empat tahunan itu.

"BMX satu orang, trek dua orang dan mungkin dari road. Itu peluang yang ada. Kita harus maksimalkan karena waktunya sudah tidak lama lagi," kata Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Senin malam.

Harapan orang nomor satu di PB ISSI ini bukan tanpa alasan. Untuk BMX, Indonesia sudah pernah meloloskan atlet ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro lewat Toni Syarifudin. Sedangkan saat ini ada beberapa nama diantaranya I Gusti Bagus Saputra.

Dari trek, sektor putri dinilai lebih berpeluang. Harapannya pada dua atlet yang lolos dan satu diantaranya Crismonita Dwi Putri. Atlet muda kelahiran Lamongan ini saat ini sudah mampu bersaing dengan pebalap kelas dunia.

"Makanya kami sangat serius mengejar poin untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade. Bagaimana caranya?. Ya banyak mengikuti kejuaraan yang masuk kalender UCI," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu.

Dengan fokus ke Olimpiade Tokyo, PB ISSI juga berencana mengirimkan pebalap lapis kedua ke SEA Games 2019 di Manila, Filipina, 30 November-11 Desember. Untuk pebalap elite difokuskan turun pada kejuaraan yang ada poin olimpiadenya.

"SEA Games kami jadikan sasaran antara. Yang jelas kami akan mengirimkan atlet yang waktunya tidak bertabrakkan dengan upaya mengejar poin Olimpiade. Bisa saja atlet elite diturunkan," kata Okto.

Meski akan mengirimkan atlet lapis kedua, PB ISSI tetap menargetkan minimal mendapatkan satu emas pada kejuaraan dua tahunan itu. Bisa dari trek, BMX, road race, XC atau DH.

Pada SEA Games 2017 Malaysia, kontingen balap sepeda Indonesia sukses memboyong dua emas, dua perak, dan dua perunggu. Emas direbut dari nomor BMX putra lewat I Gusti Bagus Saputra dan BMX putri Elga Kharisma Novanda yang saat ini juga fokus pada disiplin trek.



Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar