Dinkes Palembang edukasi masyarakat berperilaku hidup sehat

id perilaku hidup sehat, phbs, dinkes palembang, edukasi kesehatan,edukasi hidup bersih

Dinkes Palembang edukasi masyarakat berperilaku hidup sehat

Suasana kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna menurunkan prevalensi stunting yang dilaksanakan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika di Sungailiat, Selasa (19/2). (babel.antaranews.com/Dwi HP) (babel.antaranews.com/Dwi HP/)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Palembang, Sumatera Selatan berupaya mengedukasi warga kota setempat agar berperilaku hidup bersih dan sehat dalam lingkungan keluarga dan kehidupan bermasyarakat.

Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga kota setempat sehingga tidak mudah terserang penyakit, kata Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Letizia di Palembang, Rabu.

Untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat itu, pihaknya akan lebih gencar melakukan kegiatan edukasi sesuai dengan indikator PHBS.

Dia menjelaskan, ada 10 indikator PHBS di tatanan rumah tangga yang menjadi fokus perhatian yang akan terus disosialisasikan kepada warga kota yang tersebar di 107 kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan Bumi Sriwijaya ini.

Indikator PHBS itu yakni mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok.

Kemudian persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi air susu ibu (ASI) eksklusif, menimbang bayi dan balita secara teratur sesuai petunjuk medis, ujarnya.

Menurut dia, PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu pilar utama dalam Indonesia Sehat serta merupakan salah satu strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat terhadap pembiayaan kesehatan.

Melalui upaya tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan warga kota ini agar hidup bersih dan sehat, serta berperan aktif mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.