Musi Banyuasin tuan rumah Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan

id Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan,Musi Banyuasin

Musi Banyuasin tuan rumah Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex memimpin rapat persiapan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan di Sekayu, Selasa (21/5). (Ist)

Palembang (ANTARA) - Kabupaten Musi Banyuasin dipercaya menjadi tuan rumah Pelaksanaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-13 se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), 24-28 Juni 2019. 

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex di Sekayu, mengatakan, walaupun event ini tingkat provinsi namun kualitas pelaksanaan harus seperti event nasional.

"Harus semaksimal mungkin menjadi pelaksana terbaik," kata Dodi.

Ia mengatakan event Peda KTNA ini bukan hanya sehari saja namun akan berlangsung selama lima hari yang melibatkan peserta ribuan orang. 

Nantinya Kota Sekayu dan sekitarnya akan diramaikan para pendatang ini.

"Jadi bukan hanya saat pembukaan acara saja tapi saat berlangsung dan sampai penutupan harus menjadi perhatian panitia penyelenggara," kata Dodi.

Oleh karena itu pada event ini kita harus memberikan pelayanan yang konsisten kepada seluruh peserta Peda KTNA, terutama mengenai akomodasi.

Kemudian, tempat penginapan, ketersediaan listrik dan air bersihnya, konsumsi, dan SDM Liaison Officer yang harus standy sebagai penghubung informasi yang terintegrasi baik ke Kepolisian, TNI dan Tim Medis.

Selain itu Dodi juga menghimbau agar OPD terkait dalam kepanitiaan agar memperhatikan time schedule-nya mengingat ada cuti lebaran selama 10 hari.

"Saya minta kepada seluruh panitia kesiapan pelaksaannya KTNA ini seminggu sebelum Hari H sudah jelas harus kelar, dan minimal H -3 semuanya sudah siap," kata dia.

Sementara itu Ketua KTNA Sumsel, H Basir mengapresiasi atas paparan persiapan yang telah disampaikan Pemkab Muba. Dirinya yakin Pemkab Muba akan mampu menjadi Tuan Rumah Terbaik di Indonesia.

Peda KTNA ini dilaksanakan tiga tahun sekali yang diikuti 17 kabupaten/kota se-Sumsel.

Untuk menyukseskan acara tersebut, DPRD telah menganggarkan dana Rp 8,7 milar untuk kepentingan pelaksanaan Peda KTNA.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Muba Thamrin mengatakan dari 2.665 peserta, 1.500 diantaranya berasal dari Kecamatan dalam Kabupaten Muba. 

Event ini juga direncanakan akan dibuka oleh Menteri Pertanian RI namun masih dalam koordinasi dengan pihak Kementerian Pertanian.

"Pembukaan dan penutupan kita pusatkan di Lapangan Gelanggang Remaja Sekayu," ujarnya.

Adapun sebagai tempat perlombaan yakni Stable Berkuda Sekayu, Lapangan Gelanggang Remaja Sekayu, Kolam Renang Tirta Randik, dan Taman Toga Kelurahan Mangun Jaya Kecamatan Babat Toman.