AS Roma terancam ke Liga Champions

id as roma,sassuolo,liga italia,atalanta,ac milan

AS Roma terancam ke Liga Champions

Ekspresi kecewa penyerang AS Roma Edin Dzeko usai gagal memanfaatkan peluang dalam laga lanjutan Liga Italia melawan Sassuolo di Stadion MAPEI, Reggio Emilia, Italia, Sabtu (18/5/2019) setempat. (twitter.com/ASRomaEN)

Jakarta (ANTARA) - AS Roma terancam harus menyudahi ambisi mereka tampil di Liga Champions musim depan setelah ditahan imbang nirgol oleh Sassuolo dalam laga pekan ke-37 Liga Italia di Stadion MAPEI, Reggio Emilia, Minggu dini hari WIB.

Hasil itu membuat Roma sementara naik ke urutan kelima klasemen dengan koleksi 63 poin, namun peringkat keempat Atalanta (65) dan tim posisi keenam AC Milan (62) belum memainkan laga pekan ke-37 mereka, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Jika Atalanta berhasil meraih kemenangan saat melawat ke markas tim juara, Juventus, pada Senin (20/5) dini hari WIB, maka praktis Roma sudah tak punya peluang untuk ke Liga Champions karena berjarak lima poin.

Namun jika Atalanta kalah dan Milan menang, Roma masih berpeluang untuk lolos ke Liga Champions meski artinya mereka harus berjuang keras meraih tiga poin penuh di laga pamungkas sembari berharap Milan terpeleset.

Roma tampil begitu agresif meski bermain di markas Sassuolo dengan melepaskan 22 percobaan tembakan sepanjang laga.

Sayangnya dari jumlah tersebut hanya empat saja di antaranya yang menemui sasaran.

Peluang tepat sasaran pertama diperoleh Cengiz Under yang berusaha menyelesaikan umpan kiriman Edin Dzeko pada menit keenam, namun mudah dijinakkan kiper Andrea Consigli.

Lantas pada menit ke-37 tembakan jarak jauh Aleksandar Kolarov juga berhasil dijangkau Consigli di sudut kiri bawah gawang.

Sedangkan tandukan Bryan Cristante menyambut umpan silang Kolarov masih tepat mengarah ke pelukan Consigli pada menit ke-60.

Demikian juga tembakan Dzeko dari tepian kotak penalti yang kembali bisa ditepis Consigli di sudut kiri bawah gawang pada menit ke-78.

Pada menit keempat injury time, bek Federico Fazio sebetulnya memperoleh peluang emas di dalam kotak penalti ketika menerima bola tendangan bebas Javier Pastore, sayang tembakannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Baca juga: Udinese jauhi ancaman degradasi

Susunan pemain:

Sassuolo (4-3-3): Andrea Consigli; Pol Lirola, Merih Demiral, Gianmarco Ferrari, Rogerio; Manuel Locatelli (Claud Adjapong), Francesco Magnanelli, Alfred Duncan; Domenico Berardi, Filip Djuricic (Enrico Brignola), Jeremie Boga (Federico Di Francesco)
Pelatih: Roberto De Zerbi

AS Roma (4-3-3): Antonio Mirante; Alessandro Florenzi, Federico Fazio, Juan Jesus, Aleksandar Kolarov; Bryan Cristante, Steven N'Zonzi, Nicolo Zaniolo (Javier Pastore); Cengiz Under (Justin Kluivert), Edin Dzeko, Stephan El Shaarawy (Diego Perotti)
Pelatih: Claudio Ranieri