Keindahan panorama objek wisata di Garut manjakan pemudik

id Wisata,Pemkab Garut, Disparbud Garut,Bagendit,Cangkuang

Keindahan panorama objek wisata di Garut manjakan pemudik

Suasana objek wisata Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Bagi pemudik yang melewati jalur selatan Jawa Barat, Anda bisa mampir ke sejumlah obyek wisata menarik di Kabupaten Garut, mulai dari wisata alam situ, pemandian air panas, hingga pesona pemandangan alam, terlebih pemda setempat telah berbenah menjelang Lebaran tahun ini.

"Seperti Situ Cangkuang dan Bagendit, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona alam dan budaya serta kulinernya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, wisatawan yang melintasi jalur mudik di Garut dapat menikmati banyak objek wisata, di antaranya Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang dan wisata budayanya di Kecamatan Leles.

Selanjutnya, ada obyek wisata yang sudah populer yakni pemandian air panas Cipanas yang berlokasi dekat dengan kawasan perkotaan Garut di Kecamatan Tarogong Kaler.



Khusus di Cipanas, pengunjung dapat memilih berbagai tempat pemandian air panas dengan pemandangan dan keindahan alam yang masih asri.

"Cipanas banyak pilihan, berendam, mandi air panas, berenang, bermain wahana air," katanya.

Pemudik dapat menyempatkan diri mampir menikmati potensi wisata Garut sembari beristirahat.

Pemkab Garut juga sudah melakukan berbagai upaya untuk membenahi objek wisatanya, termasuk memberikan pembinaan kepada masyarakat sekita objek dan pengelola wisata untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

"Seperti setiap tahun (melakukan pembenahan) sekarang lebih ditingkatkan," katanya.

Objek wisata lainnya yang ada di jalur mudik Garut, antara lain Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora, kemudian di jalur alternatif lintas Kamojang pemudik bisa menikmati wisata alam Kamojang.

Kemudian, ada destinasi pantai di sepanjang jalan mulai dari perbatasan Kabupaten Cianjur sampai Kabupaten Tasikmalaya.

Selain menikmati keindahan wisata alam, masyarakat pemudik juga dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Garut seperti kue balok dan kue burayot yang banyak dijajakan di sepanjang jalan Kadungora-Leles dan beberapa tempat lainnya di Garut.

Khas kuliner lainnya ada dodol Garut, nasi liwet, endog lewo dari Limbangan, es Goyobob di Alun-alun Garut, soto Ahri, Chocodot yakni cokelat khas yang cukup terkenal dengan kemasannya yang menarik.