Palembang kenalkan dua program andalan di Musrenbangnas 2019

id Pemkot Palembang,program,program andalan,program andalan palembang,murenbangnas 2019,kenalkan program andalan,walikota palembang,harnojoyo

Palembang kenalkan dua program andalan di Musrenbangnas 2019

Wali Kota Palembang Harnojoyo. (Humas Pemkot Palembang)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang mengenalkan dua program andalan yakni gotong-royong dan shalat subuh berjamaah ke forum nasional Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang Harrey Hadi, dalam keterangannya, Kamis, mengatakan pemkot telah mengusulkan perencanaan program di berbagai bidang, termasuk pula dalam pengembangan SDM berupa pembangunan karakter positif melalui shalat subuh berjemaah dan gotong royong.

Dua program itu bahkan menjadi indikator kinerja utama dalam RPJMD Palembang 2018-2023, yang tertuang dalam Perda Nomor 3 Tahun 2019.

Selain itu, program ini juga masuk dalam aspek lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, serta program pembinaan mental dan kerohanian.

Harrey mengatakan pemkot optimistis usulan program pembangunan Pemkot Palembang pada Musrenbangnas ini akan diakomodir pemerintah pusat.

“Usulan program kita realistis dan jadi kewenangan pemerintah nasional, selain program prioritas pemerintah daerah," kata dia.

Terkait program Pemkot, ia melanjutkan, titik tekannya pada pembangunan 2020 yakni infrastruktur yang merata dan berkeadilan.

Fokus pembangunan itu ternyata sejalan dengan tema yang diusung pemerintah pusat pada Musrenbangnas kali ini.

"Tinggal lagi kita mensinergikan mana yang jadi tanggung jawab pemerintah kabupaten, kota, dan mana yang jadi tanggung jawab pemerintah pusat," kata dia.

Selain itu, terkait juga pembagian soal pendanaan yakni melalui APBN, dana alokasi khusus dan dana lainnya.

Khusus program strategis yang didanai APBN, diantaranya program pembangunan jalan, penanganan sampah, penataan kawasan kumuh, pariwisata sungai dalam program Sekanak-Lambidaro.

Musrenbangnas yang berlangsung di Jakarta dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Hadir di acara tersebut Walikota Palembang Harnojoyo dan didampingi Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa, serta mayoritas kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Palembang.