Dinas Perdagangan Sumsel siapkan operasi pasar bawang putih

id bawang putih,operasi pasar bawang putih,Dinas Perdagangan sumsel,Yustianus,OP bawang putih,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara pale

Dinas Perdagangan Sumsel siapkan operasi pasar bawang putih

Arsip- Bawang putih. (ANTARA/Aditya Rohman).

Palembang (ANTARA) - Dinas Perdagangan Sumatera Selatan menyiapkan operasi pasar bawang putih untuk mengendalikan kenaikan salah satu kebutuhan masyarakat tersebut yang akhir-akhir ini terus bergerak naik hingga di atas Rp60.000 per kilogram.

"Operasi pasar (OP) tahap pertama sudah dilakukan pada awal Mei 2019 dan dalam waktu dekat akan dilanjutkan kegiatan tersebut," kata Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Yustianus di Palembang, Rabu.

Untuk melakukan OP bawang putih pihaknya menunggu pasokan bawang putih impor dari pusat, jika barang tersebut sudah masuk ke daerah ini langsung dilakukan distribusi ke pasaran.

Sambil menunggu pasokan bawang putih impor, pihaknya menimbau kepada masyarakat untuk membeli bawang putih sesuai dengan kebutuhan, katanya.

Selain OP, pihaknya juga menyiapkan pasar murah untuk mengendalikan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah.

Kegiatan pasar murah tidak hanya disiapkan oleh pihaknya, akan tetapi juga disiapkan oleh Dinas Perdagangan di tingkat kabupaten dan kota.

Khusus kegiatan pasar murah Ramadhan yang disiapkan Dinas Perdagangan Sumsel, kata dia, dijadwalkan tiga kali dalam bulan ini.

Kegiatan pasar murah Ramadhan pertama digelar di wilayah Kecamatan Sukarami Palembang pada 8 Mei 2019, kedua di halaman Kantor Gubernur Sumsel pada 17-18 Mei, dan ketiga di wilayah Kecamatan Sako Palembang pada 23 Mei.

Kegiatan pasar murah tersebut dibuka mulai pukul 08.00-12.00 WIB. Bagi masyarakat yang akan membeli sejumlah kebutuhan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, dan beras bisa berkunjung ke beberapa tempat yang ditetapkan untuk kegiatan itu sesuai jadwal.