Harga ayam potong di Palembang capai Rp35.000/Kg

id harga daging ayam naik, ayam potongm. asar tradisional , harga ayam di pasar tradisional naik,ayam potong,pedagang ayam potong,pasar tradisional

Harga ayam potong di Palembang capai Rp35.000/Kg

Pedagang ayam potong ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/hp

Palembang (ANTARA) - Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang, Sumatera Selatan bergerak naik dari Rp26.000 per kilogram menjadi Rp35.000/kg.

"Harga daging ayam bergerak naik sejak beberapa hari menjelang Bulan Suci Ramadhan, jika tidak dikendalikan bisa mengalami kenaikan yang lebih tinggi dan mengakibatkan penurunan penjualan," kata Rusdi salah seorang pedagang ayam di Pasar Tradisional Sekip Ujung Palembang, Selasa.

Kenaikan harga daging ayam potong pada Mei 2019 ini dipengaruhi pasokan dari pengusaha peternak ayam potong kurang lancar dan jumlahnya berkurang, sedangkan permintaan meningkat.

Selain itu, dipengaruhi nilai tebus yang ditetapkan pihak pengusaha peternak ayam potong lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, sehingga pedagang menjual ke pelanggan disesuaikan dengan kenaikan penebusan barang dagangan.

Kenaikan harga daging ayam potong ini diperkirakan akan berlangsung lama, bahkan kemungkinan akan naik lagi seiring terjadi peningkatan permintaan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan ini.

Kenaikan harga tersebut,  tidak diharapkan pedagang, karena bisa memengaruhi banyaknya barang yang terjual dan menurunkan keuntungan.

Dalam kondisi harga daging ayam yang tinggi sekarang ini, katanya, penjualan sedikit mengalami penurunan, sedangkan keuntungan penjualan tetap meskipun harga jualnya kepada masyarakat bergerak naik.

Menghadapi kondisi tersebut, pedagang berharap pihak pemda dan instansi terkait mengendalikan kenaikan harga ayam dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya sehingga aktivitas jual beli di pasar tradisional kembali normal.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Sumsel, Yustiaus mengatakan untuk megendalikan kenaikan harga kebutuhan masyarakat akhir-akhir ini pihaknya menggelar operasi pasar dan pasar murah Ramadhan.    

Khusus kegiatan pasar murah Ramadhan pihaknya menjadwalkan tiga kali dalam bulan ini.

Kegiatan pasar murah Ramadhan pertama digelar di wilayah Kecamatan Sukarami Palembang pada 8 Mei 2019, kedua di halaman Kantor Gubernur Sumsel pada 17-18 Mei, dan ketiga di wilayah Kecamatan Sako Palembang pada 23 Mei.