Bupati Muba Dodi Reza bicara biofuel sawit di Houston AS

id Biofuel,Pemkab muba sawit,dodi reza,bupati muba,sawit,bifoel,bicara biofoel di houstan

Bupati Muba Dodi Reza  bicara biofuel sawit di Houston AS

Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Dodi Reza Alex Noerdin saat memaparkan program "biofuel" minyak sawit pada ajang Indonesia-USA Renewable Energy Business Forum di Houston, Amerika Serikat, Kamis (2/5/2019). (Ist)

....Melalui forum ini diharapkan bisa terjalin kerja sama dengan perusahaan di Amerika Serikat....
Palembang (ANTARA) - Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Dodi Reza Alex Noerdin memaparkan program bahan bakar nabati (biofuel) dari minyak sawit di kabupatennya pada ajang Indonesia-USA Renewable Energy Business Forum di Houston, Amerika Serikat.

Rilis pers yang diterima ANTARA di Palembang, Senin, menyebutkan bupati menjadi pembicara pada forum yang dihadiri ratusan perusahaan Amerika Serikat antara lain pengembang, investor, perbankan, dan
pabrikan pada 2 Mei lalu.

Konsul Jenderal RI untuk Houston Amerika Serikat Nana Yuliana mengatakan kehadiran Bupati Muba ini penting mengingat besarnya potensi perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Melalui forum ini diharapkan bisa terjalin kerja sama dengan perusahaan di Amerika Serikat," katanya.

Nana mengatakan pengelolaan kelapa sawit milik petani rakyat di Muba menjadi biofuel
merupakan terobosan inovasi energi.

Selain itu, yang tak kalah penting, terobosan ini merupakan wujud keseriusan pemkab untuk meningkatkan kesejahteraan petani sawit rakyat.

"Ini peluang untuk menggaet investor di Amerika Serikat," kata dia.

Sementara itu, Dodi mengatakan inovasi energi terbarukan biofuel berbasis kelapa sawit di Muba ini kini menjadi sorotan di tingkat nasional maupun internasional sehingga menjadi peluang investasi baru.

Pemkab Muba untuk mewujudkan energi terbarukan ini telah menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Kami juga nantinya berencana akan membangun mini refinery (kilang) untuk penampungan sementara, dan sebagai langkah awal, produksi turunan dari tandan buah segar itu akan dikirim ke kilang minyak milik PT Pertamina di Plaju, Palembang," kata dia.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah menjalankan program peremajaan sawit terhadap 7.500 hektare lahan yang menjadi proyek percontohan di Indonesia pada 2017 karena menyasar petani swadaya.

Pada 2019, program peremajaan sawit itu terus berlanjut dengan mendapatkan alokasi tambahan yakni seluas 5.000 hektare.

Sementara itu untuk memaksimalkan program biofuel, pada awal Sepetember 2019, Bupati Musi Banyuasin juga dijadwalkan memaparkan penerapan biofuel dari kelapa sawit pada Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat.


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar