Jurnalis Lampung peringati hari kebebasan pers sedunia

id Aksi damai jurnalis,jurnalis lampung,kebebasan pers,hari per sedunia,aji

Jurnalis Lampung peringati hari kebebasan pers sedunia

Seorang Jurnalis Perempuan di Lampung menunjukkan stiker kampanye pada aksi simpatik memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional di Bandarlampung, Selasa (3/5). (FOTO: ANTARA Lampung/Tommy Saputra)

Bandarlampung (ANTARA) - Puluhan jurnalis dari berbagai organisasi yang terdapat di Kota Bandarlampung menggelar aksi damai dalam memperingati hari kebebasan pers sedunia di Tugu Adipura kota setempat, Jumat.

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) aksi damai tersebut Padli Ramdan saat ini jurnalis kerap sekali mendapatkan intimidasi dan kekerasan dari pihak pihak-pihak tertentu.

"Di Lampung sendiri dalam dua tahun sudah terjadi lima kasus intimidasi dan kekerasan terhadap insan pers," kata dia.

Ia mengatakan hari kebebasan pers merupakan momentum untuk introspeksi bagi semua pihak terutama para aparat hukum negara yang kerap melakukan kekerasan terhadap wartawan.

Ia menyayangkan bahwa kasus-kasus yang dialami oleh para jurnalis ini jarang ada pelaku yang dituntut lebih lanjut dan dibawa ke meja hijau.

"Sedikit sekali pelaku kekerasan terhadap insan pers yang dituntut kemudian diadili, jadi pola hukum seperti itu yang membuat pelaku kekerasan itu tidak jera dalam melakukan hal yang serupa pada jurnalis," kata dia.

Padli yang juga Ketua Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Bandarlampung berharap, ke depan para penegak hukum bisa menggunakan UU Pers untuk menjerat pelaku agar kekerasan serupa tidak terjadi lagi kepada insan pers di seluruh Indonesia
 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar