Dubes baru AS untuk Saudi tiba di Riyadh setelah dua tahun alami kekosongan

id John Abizaid,Hubungan AS-Saudi

Dubes baru AS untuk Saudi tiba di Riyadh setelah dua tahun alami kekosongan

Mantan Panglima Komando Pusat AS diangkat sebagai Duta Besar baru Amerika Serikat untuk Arab Saudi, John Abizaid pada Kamis tiba di Riyadh, menurut pernyataan kedutaan. (Reuter)

Riyadh (ANTARA) - Duta Besar baru Amerika Serikat untuk Arab Saudi, John Abizaid pada Kamis tiba di Riyadh, menurut pernyataan kedutaan.

Pensiunan jenderal berusia 68 tahun tersebut mengisi kekosongan sejak Presiden Donald Trump menjabat lebih dari dua tahun lalu.

Washington tidak memilik duta besar di Riyadh sejak 2017, periode 27 bulan saat hubungan antara AS dan Saudi menjadi semakin rumit atas sejumlah isu, termasuk pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi, warga AS sekaligus kolumnis Washington Post, di konsulat Saudi di Turki.

Trump menunjuk Abizaid, yang memimpin Komando Pusat AS selama perang Irak, untuk mengisi posisi tersebut sejak November 2018. Penunjukkannya disetujui oleh Senat pada April.

"Arab Saudi dan Amerika Serikat bekerja sama setiap hari untuk melindungi keamanan dua negara kami, menggalakkan kemakmuran dan perkembangan ekonomi, serta menjalin hubungan antar masyarakat yang memperkuat kemitraan kami," kata Abizaid dalam pernyataan tersebut.

Sumber: Reuters