Masyarakat Banyuasin gelar sedekah pedusunan sambut Ramadhan

id Sedekah,Ramadan

Masyarakat Banyuasin gelar sedekah pedusunan sambut Ramadhan

Masyarakat berkumpul untuk makan bersama pada acara Sedekah Pedusunan di Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (30/4). (Antara News Sumsel/Dolly Rosana/19)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Masyarakat Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, menggelar acara Sedekah Pedusunan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, Selasa.

Acara adat yang tetap lestari ini dipimpin langsung Kepala Desa Muslim dan Ketua Adat Jelani Dul Muit, yang turut dihadiri 
Camat Rambutan Ahmad Rosyadi sebagai wakil dari Bupati Banyuasin Askolani. 

Masyarakat berbondong-bondong mengikuti acara rutin tahunan ini yang tak lupa menampilkan sajian seni Saropal Aman.

Dalam sambutannya, Camat Rambutan Ahmad Rosyadi mengatakan adat sedekah pedusunan ini sepatutnya terus dijaga dan dilestarikan karena dapat menumbuhkan semangat kebersamaan di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Apalagi di zaman modern ini, adat yang masih bisa bertahan itu sudah sangat sedikit sekali, maka adat sedekah pedusunan ini harus terus dilestarikan sampai kapanpun," kata dia.

Kades Desa Sungai Dua Muslim mengatakan acara sedekah pedusunan ini memiliki nilai yang tinggi yakni bagaimana seorang muslim selayaknya bergembira ketika menyambut Ramadan.

“Di dalam acara sedekah pedusunan ini juga ada bacaan dan doa sehingga diharapkan dalam menjalankan puasa ada keberkahan dan kemudahan," kata dia.

Sedekah Pedusunan ini mengharuskan warga membawa rantang khas desa dengan berisikan nasi gemuk dengan telor, serta makanan pendukung lainnya, yang nantinya akan dimakan secara bersama-sama.

Selain itu, masyarakat juga melakukan tradisi mengambil air untuk keramas untuk mandi.

Bagi masyarakat setempat, Ramadan merupakan bulan yang suci, yangmana mereka harus bertaubat sekaligus berharap keselamatan dan keberkahan.