Pemkot Palembang ingatkan warga tidak gunakan racun saat tangkap ikan

id Ikan,Pulau kemaro

Pemkot Palembang ingatkan warga tidak gunakan racun saat tangkap ikan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menebar benih ikan di perairan Pulau Kemaro, Sungai Musi, Palembang, Selasa (30/4) (Ist)

Palembang (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengingat warga untuk tidak menggunakan racun dan sentrum saat menangkap ikan demi pelestarian lingkungan.

Fitrianti Agustinda mengatakan hal itu saat bersilaturahmi dengan masyarakat Pulau Kemaro, Selasa (30/4). Silaturahmi juga diikuti kelompok pengawas penangkapan ikan perairan dan para pengemudi ketek.

Ia mengatakan Pemkot Palembang berupaya menjaga ekosistem di Sungai Musi tetap lestari, salah satunya dengan cara menebar benih ikan di sungai. 

"Hari ini kembali ditebar ribuan benih ikan di Sungai Musi. Namun hal ini tidaklah cukup bila masyarakat tetap menangkap ikan menggunakan racun dan setrum. Ini sangat merugikan sebab tidak hanya membunuh induk ikan tapi akan pula memusnahkan anak ikan," kata dia. 

Selain menebar benih ikan, kehadiran  Fitri di Pulau Kemaro ini untuk mencari tahu kebenaran informasi terkait adanya penampakan buaya di sekitar pulau destinasi wisata Palembang tersebut. 

Untuk itu dirinya mengimbau agar warga waspada terhadap kemungkinan adanya buaya tersebut, dengan menjaga anak-anak sementara ini tidak bermain di sekitar sungai. 

"Melalui dinas terkait saya mohon agar dipantau dan segera ditangkap bila informasi ini benar. Agar buaya tersebut tidak membahayakan masyarakat,  khususnya anak-anak. Saya juga akan berkoordinasi dengan BKSDA dan polisi air agar buaya itu dapat ditangkap dan dikarantina," ujar dia.