Pemkot Palembang tambah perpustakaan keliling

id perpustakaan, perpustakaan keliling, minat baca, tambah perpustakaan, tam,an bacaa, gemar membaca

Pemkot Palembang tambah perpustakaan keliling

Ilustrasi - Sejumlah pelajar sedang berkunjung dan membaca buku di perpustakaan daerah Palangka Raya. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya menambah perpustakaan keliling atau mobil pintar di sekolah dan kawasan permukiman penduduk yang tersebar di 18 kecamatan.

"Selain menambah perpustakaan keliling, untuk meningkatkan minat baca warga kota setempat diupayakan pembangunan taman bacaan di setiap kelurahan," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang, Selasa.

Penambahan perpustakaan keliling dan pembangunan taman bacaan diharapkan dapat mendukung Program Gemar Membaca yang dijalankan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sejak beberapa tahun terakhir.

Dia mengharapkan dengan upaya itu masyarakat dapat lebih mudah memperoleh bahan bacaan yang pada akhirnya membaca buku menjadi suatu kegemaran warga kota itu.

"Kami akan terus berupaya melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kualitas sumber daya manusia warga kota ini sehingga daya saingnya semakin tinggi," ujar dia.

Pengetahuan dan wawasan warga kota itu, kata dia, perlu ditingkatkan sehingga memiliki daya saing yang tinggi dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat dewasa ini.

Selain mengoptimalkan pelayanan perpustakaan keliling atau mobil pintar, dan taman bacaan di 107 keluruahan yang tersebar di 18 kecamatan, pada setiap kesempatan pihaknya berupaya memberikan motivasi kepada warga kota agar selalu membaca berbagai bahan bahan bacaan yang bermanfaat untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Dia mengharapkan melalui kegiatan gemar membaca tersebut, bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan warga "Bumi Sriwijaya" itu sesuai harapan bersama.