Baznas buka posko utama banjir Bengkulu

id Baznas,banjir bengkulu,posko banjir,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini, jembatan am

Baznas buka posko utama banjir Bengkulu

Banjir di wilayah Kota Bengkulu diambil dari foto udara. (ANTARA/Edy Prayekno)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka Posko Utama pada Minggu (28/4) untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir di Bengkulu.

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta di Jakarta, Senin, mengatakan pihaknya telah membuka Posko Utama yang berada di Jalan Sepakat Raya, Sawah Lebar, Kota Bengkulu.

Dia mengatakan pos tersebut menjadi pusat layanan untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Bengkulu.

"Posko Utama Baznas ini sebagai pusat layanan dan gudang logistik bantuan baik dari Baznas maupun masyarakat umum. Pos ini juga tempat tim koordinasi Baznas Tanggap Bencana (BTB) dalam memberikan layanan kepada masyarakat," katanya.

Sejak Sabtu (27/4), dia mengatakan BTB Provinsi Bengkulu telah turun memberikan layanan mulai dari bantuan evakuasi masyarakat hingga penyaluran makanan kepada para pengungsi. "Penyaluran bantuan sempat terkendala jalan yang terputus karena terendam air," kata dia.

Dia mengatakan selain evakuasi warga pihaknya juga menerjunkan Tim Medis dari Rumah Sehat Baznas (RSB) Jakarta untuk membantu kebutuhan para pengungsi. Ambulans juga disiagakan untuk keperluan evakuasi, rujukan dan layanan darurat.

Baznas telah menyalurkan bantuan seribu makanan siap santap, 100 karung beras lima kilogram per bungkus dan 60 kilogram daging sapi kepada masyarakat terdampak yang berada di daerah Sawah Lebar, Bengkulu pada Minggu (28/4).

Arifin mengatakan Provinsi Bengkulu bersama dinas sosial setempat menyediakan makanan yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir. "Saat ini Baznas juga sedang mempersiapkan bantuan lanjutan yang akan didistribusikan," katanya.