Menteri: Pegawai PUPR bukan berorientasi cari proyek

id menteri pupr,pegawai pupr

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. (Dokumentasi PUPR)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah mereka yang berorientasi menyelesaikan tugas dengan baik dan benar, bukan mereka yang berorientasi mencari proyek.

"Dalam bekerja harus mission oriented, bukan project oriented, jangan pulang kalau misi belum selesai," kata Basuki Hadimuljono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.

Basuki memaparkan hal tersebut ketika memberikan sambutan dalam acara Pelepasan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian PUPR Formasi 2017 dan Penyambutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2018 di Jakarta, 22 April.

Menteri PUPR mencontohkan, saat mengirim CPNS 2017 untuk membantu rehabilitasi pascagempa di Nusa Tenggara Barat, dirinya berpesan bahwa dalam jangka waktu enam bulan di sana bila tugas belum dituntaskan maka tidak boleh pulang.

Selain itu, ujar dia, pegawai PUPR juga harus mengutamakan kerja tim karena tidak ada pekerjaan di PUPR yang bisa dikerjakan sendiri-sendiri.

Sedangkan hal lainnya yang ditekankan Basuki adalah pegawai PUPR haruslah profesional yaitu mengetahui dengan baik apa yang menjadi tugasnya dan bertanggungjawab.

"Kalau tidak tahu bilang tidak tahu, jangan sok tahu, itu yang disebut kejujuran profesional," kata Menteri Basuki.

Untuk itu, ujar dia, Menteri PUPR meyakini bahwa pegawai kementeriannya juga harus kuat karena memang kompeten, berani karena memang bersih, serta berjiwa seni sehingga memiliki daya improvisasi.

Acara tersebut dihadiri oleh para pimpinan tinggi Madya Kementerian PUPR dan BNPT serta 2.006 generasi muda PUPR yang terdiri dari 979 PNS Formasi 2017 dan 1.027 CPNS tahun 2018.

Para PNS Formasi Tahun 2017, sebelumnya telah menyelesaikan masa orientasi dengan melaksanakan tugas kemanusiaan mendukung Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, maupun yang menyelesaikan pembinaan di lingkungan internal Kementerian PUPR.

Sementara PNS formasi 2018 yang hadir sebanyak 993 CPNS yang telah dinyatakan diterima di Kementerian PUPR dari jalur pelamar umum, dan 34 CPNS dari lulusan STAN, Kementerian Keuangan. Selanjutnya para CPNS tersebut akan mengikuti rangkaian Program Pembinaan Awal CPNS PUPR selama satu tahun.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar