Sumsel terima penghargaan keselamatan kerja

id Kerja,penghargaan k3,sumsel terima penghargaan k3,penghargaan keselamatan kerja,kemennaker

Para kepala daerah dan pimpinan perusahaan penerima penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2019 dari Kementerian Ketenagakerjaan. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan menerima penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dari Kementerian Ketenagakerjaan yang diterima langsung oleh Wakil Gubernur Mawardi Yahya.

Wagub usai menerima penghargaan di Palembang, Selasa mengatakan, penghargaan yang diterima tersebut tidak lepas dari peran serta semua pihak dalam meminimalisir kecelakaan kerja terutama dalam hal pembinaan.

"Penghargaan itu tentu ada penilaian tersendiri dari Kementerian Tenaga Kerja. Ini akan menambah motivasi kita untuk melakukan pembinaan sehingga tahun depan kita bisa menyabet penghargaan ini lagi," ujar Wagub.

Wagub mengatakan, pihaknya tidak akan bosan mengimbau setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersinergi dengan perusahaan dalam melakukan pembinaan dan pelatihan ketenagakerjaan.

"Kami akan terus berupaya memantau perusahaan agar mereka meningkatkan pelatihan dan menekan angka kecelakaan kerja," kata dia.

Keselamatan kerja sangat penting dan menentukan dalam meningkatkan produksi, ujar dia.

Sementara mengenai angka kecelakaan kerja di Sumsel, mantan bupati Ogan Ilir dua periode ini mengatakan, angka kecelakaan kerja  yang ada sangat kecil, masih nol sekian persen.

Untuk itu, pihaknya terus menghimbau bukan hanya perusahaan, tapi masyarakat juga menjaga keselamatan dalam bekerja.

Begitu juga Disnaker diminta untuk mengimbau dan mengingatkan perusahaan akan pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam bekerja.

Sebelumnya, Menaker Hanif Dhakiri mengatakan, angka kecelakaan kerja masih cukup tinggi di Indonesia. Rata-rata kecelakaan kerja terjadi di jalan di mana para pekerja mengalami kecelakaan saat pergi atau pulang bekerja.

Untuk itu diimbau kepada seluruhnya baik perusahaan, Pemda dan pekerja untuk meningkatkan keselamatan dalam kerja, kata Menteri.

"Penghargaan ini juga untuk memberikan motivasi kepada perusahaan dan pemerintah daerah soal pentingnya  melakukan pembinaan dan pelatihan dalam keselamatan," ujarnya.

Tidak hanya Sumatera Selatan, ada beberapa daerah dan perusahaan yang juga mendapatkan penghargaan malam itu.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri dalam acara anugerah penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2019 kepada 17 gubernur di Jakarta, Senin (22/4).

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar