Waspada hujan angin dan petir di sebagian Jakarta

id Cuaca Jakarta,BMKG,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata palemban

Waspada hujan angin dan petir di sebagian Jakarta

Prakiraan cuaca untuk DKI Jakarta (ANTARA News/ BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis peringatan dini untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan disertai dengan petir dan angin kencang dalam durasi singkat di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada Minggu (21/4) siang dan sore.

Dalam informasi peringatan dini yang dirilis di laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Minggu (21/4), kondisi cuaca hujan sedang hingga lebat juga telah diperingatkan sejak Minggu dini hari pukul 03.00 hingga 05.00 WIB di sejumlah wilayah Jakarta hingga Bekasi.

BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan di seluruh wilayah Jakarta pagi hari, berlanjut menjadi hujan ringan dan hujan lokal sejak siang hingga sore. Sementara pada malam harinya cuaca diperkirakan kembali cerah berawan.

Dalam beberapa waktu belakangan cuaca DKI Jakarta cenderung panas terik saat siang hari yang kemudian berubah menjadi hujan saat sore hari.

Kepala Bidang Informasi Iklim Terapan BMKG Marjuki menjelaskan bahwa fenomena cuaca tersebut merupakan perubahan peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Namun kondisi tersebut tidak terjadi di seluruh wilayah Indonesia melainkan hanya bersifat lokal di beberapa tempat seperti Jakarta.

"Biasanya hujan di sore hari saat masa transisi. Pagi dan siang panas terik untuk pembentukan awan," kata Marjuki.

Dia menjelaskan bahwa dalam masa peralihan angin berhembus masih tidak menentu sehingga cuaca masih banyak terjadi hujan.