Harga bawang merah di Baturaja turun Rp10.000/Kg

id bawang merah,harga bawang,petani bawang merah,pedagang bawang,pasar tradisional,bawang putih

Harga bawang merah di Baturaja turun Rp10.000/Kg

Dokumentasi - Bawang merah impor di Pasar Tradisional Peunayong, Banda Aceh, Rabu (27/3) (ANTARA Aceh /Irman Yusuf).

Baturaja (ANTARA) - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengalami penurunan Rp10.000 per kilogram dari sebelumnya  Rp50.000 menjadi Rp40.000.

"Harga bawang merah sekarang turun Rp10.000 untuk setiap satu kilogramnya," kata salah seorang pedagang bawang di Pasar Atas, Ogan Komering Ulu, Yanto, di Baturaja, Kamis.

Dia mengatakan penurunan harga tersebut terjadi sejak beberapa hari terkahir. Sejumlah pedagang mematok harga jual bawang merah kisaran Rp40 ribu  per kilogram.

"Hanya saja penurunan harga ini tidak berdampak pada daya beli masyarakat yang masih sepi sejak harganya naik tajam mencapai Rp50.000 per kilogram beberapa waktu lalu," katanya.

Ia mengatakan sebelumnya harga bawang merah Rp50 ribu atau naik dari sebelumnya Rp30.000 per kilogram.

Bawang putih juga sempat mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi, dipatok pedagang Rp40 ribu, melonjak dibandingkan sebelumnya Rp19 ribu per kilogram.

"Untuk bawang putih sekarang juga mengalami penurunan harga dipatok pedagang hanya kisaran Rp35.000 per kilogram," kata Jauya, pedagang lainnya.

Harga bawang putih sebelumnya Rp40.000, meningkat dibandingkan dengan sebelumnya yang Rp19.000 per kilogram.

Menurut dia, lonjakan harga tersebut karena pasokan bawang merah dan putih dari Pulau Jawa. Pasokan tersebut saat ini berkurang sehingga pedagang terpaksa menaikkan harga agar tidak merugi.

"Mudah-mudahan harga kedua jenis bawang ini kembali normal agar daya beli masyarakat dapat meningkat lagi," katanya.