Susanto Megaranto juara catur zona 3.3 Asia

id susanto megaranto ,catur zona asia,susanto juara

Susanto Megaranto  juara catur zona 3.3 Asia

GM Susanto Megaranto (ANTARA News)

Jakarta (ANTARA) - Pecatur Indonesia GM Susanto Megaranto tampil sebagai juara turnamen catur Zona 3.3 Asia 2019 di Ulaanbatar, Mongolia, setelah mengalahkan pecatur Mongolia, MI Sumiya Bilguun, pada babak kesembilan, Senin.

Seperti dilansir http://eacc2019.mongolchess.mn, kemenangan pada babak terakhir tersebut membuat Susanto mengumpulkan poin 7,0. Poin yang diraih susanto sebenarnya sama dengan Gan-Erdene Sugar dan pecatur Vietnam MI Nguyen Van Huy, tetapi dari akumulasi pertemuan ketiga pecatur tersebut, Susanto unggul dengan poin 1,5 hasil dari sekali menang atas Gan-Erdene Sugar dan remis melawan Van Huy.

Gan-Erdene Sugar yang hingga babak kedelapan memimpin klasemen dengan poin 6,5, harus puas di tempat kedua setelah ditahan remis oleh pecatur Filipina Gomez John Paul .

Dengan menjuarai Zona 3.3 Asia, Susanto otomatis memperoleh tiket ke Piala Dunia Catur 2020.

Pada babak terakhir Susanto yang memiliki elo rating 2523 memainkan buah hitam dan melayani Sumiya (2488) yang memainkan pembukaan Reti dengan memajukan kuda dari g1 ke f3. Susanto memaksa lawannya menyerah pada langkah ke-74. Meskipun Sumiya unggul satu bidak di akhir permainan, tapi posisi bidak Susanto tidak bisa ditahan untuk mencapai lajur akhir dan promosi menjadi Menteri.