Gubernur Babel luncurkan lembaga wakaf

id lembaga wakaf

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan akan meluncurkan Lembaga Wakaf Produktif, guna mempermudah pemerintah dalam memberdayakan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Kita berkeinginan lembaga wakaf produktif ini sudah diluncurkan sebelum Agustus 2019," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin (15/4).

Ia mengatakan lembaga wakaf produktif merupakan suatu wadah untuk mengumpulkan seluruh wakaf dari masyarakat untuk membantu ekonomi masyarakat kurang mampu di daerah ini.

"Saya ingin konsep lembaga wakaf ini sama dengan kampung pangan halal, sehingga keberpihakan masyarakat kepada pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat lebih optimal," ujarnya.

Menurut dia, lembaga wakaf produktif merupakan wakaf yang diberikan masyarakat kepada lembaga wakaf, untuk dikelola dengan baik sehingga masyarakat tidak bingung lagi jika ingin berwakaf.

"Berdirinya lembaga wakaf nanti masyarakat tidak akan bingung lagi berwakaf, karena dana atau apapun yang diwakafkan akan dikelola oleh lembaga sesuai aturan berlaku," katanya.

Erzaldi menambahkan, kehadiran lembaga wakaf sangat potensial karena masyarakat Babel khususnya yang beragama Islam sudah memahami artinya wakaf.

"Jika orang tahu arti, makna dan manfaat dari berwakaf, kita yakin akan banyak masyarakat yang berwakaf. Dan di Babel sangat potensial karena masyarakat sudah paham dengan wakaf," ujarnya.

Ketua Provinsi Kepulauan MUI Babel, Zayadi Hamzah mendukung program pemerintah provinsi untuk kepentingan masyarakat khususnya umat Islam.

"Kita siap membantu pemerintah provinsi dalam mempercepat pembentukan lembaga wakaf dan ini akan menghindari masyarakat dari praktik riba," katanya. 
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar