Forum pemuda lintas agama tabur bunga untuk pemilu damai

id Forum pemuda lintas agama,Lintas agama,Pemilu 2019,Pilpres 2019,Pemilu damai,Pemilu palembang,Makam pahlawan bukit ssgun

Forum Pemuda Lintas Agama Kota Palembang berizarah dan menabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bukit Seguntang untuk menyerukan pemilu damai, Sabtu (13/4) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar)

Palembang (ANTARA) - Forum Pemuda Lintas Agama di Kota Palembang berziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bukit Seguntang,Palembang, untuk menyerukan pemilu damai dengan meniru sikap-sikap para pahlawan.

"Sebentar lagi mau nyoblos, tapi kondisi bangsa sekarang masih nampak kurang bersatu akibat penyebaran berita bohong atau hoaks, ini bisa mengganggu kedamaian," kata Ketua Forum Pemuda Lintas Agama Kota Palembang Khairil Anwar usai tabur bunga, Sabtu.

Menurutnya masyarakat Indonesia perlu mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Indonesia dengan memahami sifat-sifat luhurnya, sehingga masyarakat akan lebih mengutamakan persatuan.

Pahlawan memiliki sikap mengutamakan persatuan bangsa dari pada kepentingan pribadi dalam berjuang, hal ini tidak banyak tertanam pada sikap masyarakat semenjak berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi.

Banyak oknum-oknum penyebar hoaks bertebaran di media sosial dan jumlahnya semakin banyak menjelang pemilu. Ia mengajak pemuda yang menggunakan media sosial agar menghentikan oknum-oknum tersebut dengan melaporkanya lewat tombol 'lapor' pada platform media sosial masing-masing.

"Pemilu tidak boleh dikotori dengan berita bohong," ujar Khairil Anwar.

Ia juga mengajak para pemuda jangan golput dan menggunakan hak pilihnya pada 17 April berdasarkan hati nurani masing-masing tanpa paksaan atau sogokan pihak lain.

Ziarah dan tabur bunga dimulai dengan apel mengheningkan cipta kemudian berdoa dipimpin lima perwakilan agama dan diakhiri dengan peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan.

Selain forum pemuda lintas agama, ziarah juga melibatkan anggota TNI, pramuka, organisasi kepemudaan, dan BEM kampus di Palembang.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar