BNN Sumsel gunakan jejaring sosial cegah penyalahgunaan narkoba

id bnn, jejraing sosial, cegah narkoba, narkoba

BNN Sumsel gunakan jejaring sosial cegah penyalahgunaan narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan memimpin pemusnahan barang bukti narkotika di Palembang, Rabu (6/6/18) (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan berupaya memanfaatkan jejaring sosial untuk menggalakkan gerakan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah provinsi tersebut.

"Untuk memanfaatkan jejaring sosial itu, kami melakukan pendekatan dengan kelompok masyarakat, pegawai negeri dan swasta, buruh, pelajar, dan mahasiswa berpartisipasi dalam gerakan pencegahan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan, Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, di Palembang, Jumat.

Pencegahan dan pemberantasan narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya (narkoba) memerlukan dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat, karena masalah tersebut akhir-akhir ini sudah sangat parah dan memerlukan penanganan serius.

"Berdasarkan hasil operasi pemberantasan narkoba yang dilakukan selama ini, tidak ada lagi tempat yang aman dari penyalahgunaan dan sasaran peredaran gelap barang terlarang itu," ujarnya.

Hampir semua tempat dan lapisan masyarakat terkena narkoba, kondisi ini cukup memprihatinkan dan perlu mendapat perhatian bersama untuk mencegah timbulnya korban baru serta memberantas peredarannya hingga ke akar-akarnya.

Beberapa tahun lalu, penyalahgunaan dan peredaran narkoba dapat diprediksi terjadi di lingkungan anak-anak muda dan berandalan, namun kini semua tempat bisa menjadi tempat pemakaian dan transaksi barang terlarang itu.

Melihat kondisi tidak ada tempat yang aman lagi dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, pihaknya terus berupaya memotivasi masyarakat untuk berperanserta dalam melakukan gerakan P4GN.

Gerakan P4GN perlu mendapat dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat karena penyalahgunaan narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik tetapi dapat merusak mental dan kejiwaan generasi muda penerus bangsa serta masyarakat secara luas, kata Brigjen Jhon Turman.