Gubernur Sumsel minta peralatan dasar Posyandu dipenuhi

id posyandu,gubernur sumel ,Herman Deru,Kader posyandu, kelengkapan alat posyandu

Gubernur Sumsel minta peralatan dasar Posyandu dipenuhi

Ilustrasi - Petugas Puskesmas menimbang bayi di salah satu Pos Pelayanan Terpadu (posyandu) Sei Selincah Palembang, Sumsel, Rabu (8/3). ANTARa News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta pemerintah kabupaten dan kota untuk menyiapkan peralatan dasar Posyandu agar pelayanan kesehatan bayi semakin terjamin.

"Selama ini peralatan Posyadu kurang memadai sehingga petugas tidak dapat bekerja secara optimal," kata Gubernur usai melantik Forum Kader Posyandu Indonesia Kabupaten Lahat,  di Lahat,  Jumat.

Gubernur juga berpesan dan meminta  Bupati Lahat Cik Ujang untuk mengutamakan dan menyediakan keperluan peralatan dasar bagi Posyandu.

"Kepada Bupati, saya harapkan untuk menganggarkan keperluan bagi Posyandu terutama peralatan dasar," kata dia.

Gubernur mengatakan, ada tiga peralatan dasar yang harus dimiliki Posyandu. Pertama, alat timbangan balita, kedua peralatan tensi darah, dan ketiga kursi roda bagi kaum disabiltas dan kaum jompo.

Sebab pihaknya sering melihat dan merasa miris dengan minimnya peralatan yang ada di hampir semua Posyandu. Padahal ketiga peralatan tersebut sangat diperlukan di Posyandu.

Sebagai Gubernur, dirinya tidak hanya cukup bangga saja, namun juga telah memberikan bantuan bagi Posyandu Sumsel sebesar Rp5 juta per desa di 3.500 desa di Sumsel.

Selain itu, Gubernur berharap kepada seluruh kader Posyandu untuk bekerja seikhlasnya dan dapat memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

"Kader Posyandu agar dapat memberikan sentuhan dalam pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya sentuhan medis saja, tetapi berikan juga sentuhan rohani. Jadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan yang mengandung nilai ibadah, karena mengurus bayi dan ibu hamil dan lansia", kata dia.

Selain itu, nantinya jika kepengurusan FKPI di seluruh kabupaten dan kota di Sumsel telah terbentuk, Gubernur mendorong agar Duta Literasi Sumsel Percha Leanpuri juga dapat menjadi Duta Posyandu.

Ketua Umum FKPI Baharudin mengatakan, tujuan dibentuknya kader Posyandu selain untuk mencari ridho Allah SWT, juga membantu masyarakat prasejahtera.

"Ada 33 orang kader Posyandu yang dilantik hari ini. Sementara di Lahat terdapat 449 Posyandu, dengan jumlah kader 2.244 orang, dan ada peserta kader 65.416 orang," ujar dia.*