Liga Champions: Ajax tahan imbang Juventus 1-1

id ajax,juventus,liga champions,david neres,cristiano ronaldo

Liga Champions: Ajax tahan imbang Juventus 1-1

Penyerang sayap Ajax David Neres merayakan golnya ke gawang Juventus di hadapan suporter timnya dalam laga pertama perempat final Liga Champions di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Rabu (10/4/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay)

Jakarta (ANTARA) - Ajax berhasil menahan imbang Juventus dengan skor 1-1 dalam laga pertama perempat final Liga Champions di Stadion Johan Crujff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis dini hari WIB.

David Neres berhasil mencetak gol cepat pada babak kedua setelah Ajax tertinggal akibat gol Cristiano Ronaldo jelang babak pertama usai, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu praktis menjadi keuntungan bagi tim besutan Max Allegri, karena mereka kini memiliki keunggulan gol tandang. Namun tentu saja Juventus bakal berusaha memastikan kelolosan dengan cara memenangi laga kedua di Stadion Allianz pekan depan.

Bagi Ronaldo, gol ke gawang Ajax tersebut kian memantapkan posisinya sebagai penyerang tersubur di Liga Champions sepanjang masa dengan raihan 125 gol.

Baca juga: Lebih dari 100 suporter Juventus diamankan jelang laga kontra Ajax

Baca juga: Barcelona kalahkan MU 1-0 berkat gol bunuh diri

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, membuat Ajax bermain lebih agresif dan bersemangat. Bahkan sepanjang laga mereka menguasai 60 persen penguasaan bola dan melepaskan 19 percobaan tembakan yang enam di antaranya menemui sasaran.

Sebaliknya, Juventus meski tertekan beberapa kali mengancam gawang tuan rumah lewat tujuh percobaan tembakan meski hanya dua di antaranya saja yang tepat sasaran.

Ajax hampir membuka keunggulan pada menit ke-12 ketika umpan buruk Juventus di lini pertahanan hampir berbuah buruk, namun tembakan Hakim Ziyech yang melengkung masih mengarah tepat ke kiper Wojciech Szczesny.

Enam menit berselang Szczesny sukses menghalau tembakan Ziyech yang berusaha menyelesaikan umpan kiriman Neres.

Juventus perlahan berhasil keluar dari tekanan dan menutup babak pertama dengan keunggulan ketika Joao Cancelo melepaskan umpan silang terarah kepada Ronaldo yang berdiri tanpa kawalan dan melompat untuk menyundul bola ke dalam gawang. Kiper Andre Onana sempat menjangkau bola dengan tangannya, namun tak mampu menghentikan lajunya.

Babak kedua baru dimulai, serangan pertama Ajax berhasil membuahkan gol penyama kedudukan. Neres memperlihatkan aksi individual menawan dengan menusuk dari sisi kiri sebelum melepaskan tembakan melengkung ke area tiang jauh.

Wasit sempat meninjau tayangan ulang VAR ketika terjadi insiden di dalam kotak penalti Ajax dan Rodrigo Bentancur terjatuh dalam kontak dengan Nicolas Tagliafico, namun ia menyatakan tak ada pelanggaran.

Szczesny kembali melakukan dua penyelamatan penting untuk menghalau peluang Ajax dari Ziyech dan Juergen Ekkelenkamp pada menit ke-65 dan ke-82.

Lantas Juventus hampir kembali memimpin ketika pemain pengganti Douglas Costa berhasil melewati Joel Veltman sebelum melepaskan tembakan, namun bola membentur mistar gawang.

Pada masa injury time, Ajax terus berupaya merebut kemenangan namun tembakan Dusan Tadic berhasil dihalau Daniele Rugani sebelum melenceng dari gawang Szczesny.

Baca juga: Guardiola sebut kalah 0-1 lebih baik dari imbang nirgol

Baca juga: Petik kemenangan, Klopp yakin laga di markas Porto lebih intens

Susunan pemain:

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lasse Schoene (Juergen Ekkelenkamp), Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic
Pelatih: Erik ten Hag

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi (Paulo Dybala); Federico Bernardeschi (Sami Khedira), Mario Mandzukic (Douglas Costa), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Max Allegri
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar