Wagub Sumsel: pemanfaatan dana desa harus tepat sasaran

id dana desa,pemanfaatan dana desa,dana desa tepat sasaran,wagub sumsel,mawardi yahya

Wagub Sumsel: pemanfaatan dana desa harus tepat sasaran

Jalan beton yang merupakan hasil pembangunan menggunakan dana desa. (Akhmad Nazaruddin Lathif)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan, dana desa yang dikuncurkan pemerintah pusat pemanfaatanya harus tepat sasaran terutama untuk mengurangi kemiskinan.

Dana desa yang telah dikucurkan beberapa tahun lalu tetapi pemanfaatannya belum begitu tepat sasaran, ujarnya saat Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa (PID) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Sumsel di Palembang, Selasa.

Pemerintah dalam mengurangi kemiskinan masyarakat yang ada di desa memberikan bantuan melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ke Seluruh Indonesia termasuk Sumsel.

Menurut dia, sejatinya tujuan pemerintah pusat memberikan bantuan dana desa Rp1 miliar tiap desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus pemberdayaan ekonomi pedesaan.

Namun justru selama ini dana desa ini belum begitu berdampak memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sehingga pemanfaatannya harus tepat sasaran.

Memang, lanjut dia selama ini dana desa kebanyakan dipergunakan untuk pekerjaan fisik, seperti pembagunan jalan setapak.

Ini berarti apa yang diharapkan pemerintah pusat dengan menggelontorkan dana triliuan selama tiga tahun terakhir tidak tepat sasaran," tambahnya.

Menurut Wagub, untuk itu diharapkan pendampingan dana desa bisa membantu meningkatkan ekonomi di setiap desa dalam memanfaatkan anggaran pusat.

Selain itu perlu mencari inovasi supaya bisa mengerakan ekonomi desa seperti melalui Bumdes dan lain-lain, ujar Wagub.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel, Yusnin mengatakan, dana desa diperuntukan untuk dua hal yaitu infrastruktur dan pemberdayaan.

Namun, lanjut dia penggunaanya tidak dibatasi apa itu untuk infrastruktur dan pemberdayaannya.

Memang, program pembangunan masyarakat ada program inovasi agar masing-masing desa bisa berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.