Dinkes berikan layanan pemeriksaan kesehatan calhaj OKU

id dinkes OKU,PSC 119,Ogan Komering Ulu,pemeriksaan,calhaj

Dinkes berikan layanan pemeriksaan kesehatan calhaj OKU

Arsip - Jamaah haji kloter pertama embarkasih Palembang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel, Senin malam (27/8). Debarkasih Palembang menerima kepulangan 445 jamaah haji kloter pertama asal Kabupaten Lubuk Linggau dan Kapubaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Baturaja (ANTARA) - Tim Unit Pelaksana Teknis Public Safety Centre 119 Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan memberikan layanan pemeriksaan bagi calon haji (calhaj) di wilayah setempat, selain menyediakan pelayanan kegawatdaruratan kepada masyarakat.

"PSC 119 Sebimbing Sekundang ini juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calhaj dengan risiko tinggi," kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu, Anuar Fahri didampingi Koordinator PSC 119 Sebimbing Sekundang, M Ali Sadikin di Baturaja, Selasa.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) PSC 119 tidak hanya memberikan pelayanan kegawatdaruratan medik saja, namun juga terjun ke lapangan guna melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calhaj asal kabupaten itu yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menjalankan ibadah haji tahun 2019.

"Pemeriksaan calhaj yang akan berangkat tahun ini kami lakukan dengan memberikan pelayanan kesehatan mendatangi setiap rumah jamaah," katanya.

Menurut dia, pihaknya terus meningkatkan pelayanan PSC 119 guna menjamin kebutuhan masyarakat di wilayah setempat yang membutuhkan penanganan masalah kesehatan secara kegawatdaruratan.

Petugas UPT PSC 119 Kabupaten Ogan Komering Ulu ini siaga selama 24 jam guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis secara cepat.

"Selain operator 119, masyarakat yang membutuhkan penanganan masalah kesehatan juga dapat menghubungi nomor +628117280119," katanya.

Anuar menjelaskan, PSC 119 merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat di wilayah setempat di bidang kesehatan guna menjamin respon cepat dan tepat sehingga tidak menimbulkan masalah yang lebih parah.

"Keberadaan layanan PSC 119 OKU diharapkan dapat membantu masyarakat yang sedang dalam keadaan darurat membutuhkan pertolongan masalah kesehatan," katanya.