Tiga kabupaten sasaran sosialisasi pengelolaan gambut

id gambut,Lahan gambut, sosialisasi gambut, kabupaten sasaran sosialisasi, penanggulangan kebakaran, kebakaran hutan, hutan, lahan

Tiga kabupaten sasaran sosialisasi pengelolaan gambut

Dokumen - Gubernur Sumsel Herman Deru membuka Rakorda Pelaksana Restorasi Gambut Sumsel di Palembang, Senin (29/10). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/18)

Palembang (ANTARA) - Sedikitnya tiga kabupaten menjadi sasaran sosialisasi pengelolaan lahan gambut di Sumatera Selatan pada 2019.

Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Sumatera Selatan Najib Asmani di Palembang, Selasa mengatakan, kabupaten yang menjadi prioritas sosialisasi pemanfaatan lahan gambut itu yakni Ogan Komering Ilir, Muaraenim dan Banyuasin.

"Dijadikan sasaran sosialisasi pemanfaatan lahan gambut itu,  karena lahan tersebut rawan terbakar bila musim kemarau, terutama Kabupaten Ogan Komering Ilir yang areal gambutnya cukup luas," ujar dia.

Oleh karena itu tim Restorasi Gambut akan memprioritaskan ketiga kabupaten tersebut untuk melakukan sosialiasi agar lahan tersebut menjadi produktif.  Selain itu ketiga kabupaten tersebut sebagai tempat sosialisasi sesuai hasil rapat bersama lalu.

Pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama di sekitar lahan gambut untuk memaksimalkan areal tersebut agar lebih produktif.

Sebelumnya Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan, Sumsel banyak terdapat lahan gambut yang tersebar di kabupaten dan kota.

Lahan gambut tersebut, menurut dia,  menjadi perhatian khusus pihaknya terutama memasuki musim kemarau karena rawan terbakar.

Sosialisasi terus dilaksanakan untuk mencegah agar tidak terjadi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan seperti pada 2015, kata dia.