Kereta kencana Jokowi bertema Betawi

id kereta kencana,kampanye jokowi-maruf amin,Tim Kampanye Nasional,Erick Tohir,calon presiden petahana,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, an

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. (A Rauf Andar Adipati dan Devi Nindy Sari Ramadhan)

Jakarta (ANTARA) - Kereta kencana yang ditumpangi calon presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dalam Karnaval Indonesia Satu di Tangerang, Banten, pada Minggu (7/4), usung nuansa hiasan budaya Betawi.

Pada agenda kampanye terbuka Jokowi di Alun-Alun Kota Tangerang, melewati Jalan Daan Mogot hingga pendopo Kantor Wali Kota Tangerang.

Kusir kereta kencana Jokowi, Mas Ngabei Sunardi Prasetyo menyebut kereta kencana tersebut selalu digunakan Jokowi setiap melakukan agenda kampanye ke berbagai kota di Indonesia.

"Hiasan kereta kencananya macam-macam, tergantung adat yang ada di kota tujuan," ujar pria yang disapa Sunar tersebut.

Pada acara tersebut, interior kereta kencana yang dikendarai Jokowi dan KH Ma'ruf Amin mendapat sentuhan kain batik Betawi bermotif loreng Ondel-Ondel dan Salakanagara.

Selain itu, terdapat hiasan kembang mayang artifisial yang mencirikhaskan budaya Betawi. Kemudian terdapat susunan bunga mawar, roncean melati, serta topeng tari Betawi.

"Bahannya tinggal dicarikan saja dari kota asal, lalu dibuat menghias kereta di tempat sebelum dipakai pawai," ujar Sunar melanjutkan.

Terdapat masing-masing dua kereta kencana dan sejumlah awak kusir yang dipersiapkan untuk pawai dalam karnaval tersebut dari titik alun-alun Kota Tangerang.

Kereta kencana pertama membawa pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin, sedangkan kereta kedua membawa Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Tohir beserta anggota lainnya mulai pukul 16.00 WIB hingga pendopo Kantor Wali Kota Tangerang.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar