Wapres tinjau lokasi rekonstruksi pascabencana Lombok

id jusuf kalla,wakil presiden,Czi Ahmad Rizal Ramdhani,rehabilitasi pascabencana gempa,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang

Wapres tinjau lokasi rekonstruksi pascabencana Lombok

Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla saat meninjau pembangunan Rumah Tahan Gempa di Desa Teratak, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (ANTARA/Nur Imansyah)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau lokasi rekonstruksi dan rehabilitasi pascabencana gempa bumi di DesaTeratak, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Sabtu.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, Wapres menyempatkan berdialog dengan warga korban bencana untuk mendengarkan ucapan terima kasih dan permintaan warga terkait proses rekonstruksi.

"Tentu apa yang diberikan ini agar dipelihara dengan baik, disyukuri, dan tentu didoakan kepada semua yang membantu. Insya Allah akan selesai semua pada waktunya," kata Wapres di Lombok.

Selama proses rekonstruksi dan rehabilitasi, Wapres mengatakan bahwa Pemerintah akan selalu membantu masyarakat dalam membangun kembali daerah pascabencana.

Pembangunan kembali daerah pascabencana tersebut akan berlangsung lancar apabila masyarakat sekitar juga turut bekerja keras bersama dengan aparat Pemerintah.

"Tentu kita berdoa jangan sampai ada musibah, tapi kalau terjadi maka Pemerintah, baik pusat dan daerah, TNI, Kementerian PUPR dan relawan selalu siap sedia membantu masyarakat untuk mengurangi kesulitan," jelasnya.

Dalam peninjauan tersebut, Wapres JK didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan Danrem 162/Wirabakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Menurut Rizal Pemerintah telah mencairkan dana sebesar Rp110 miliar, di antaranya telah disalurkan untuk pembangunan rumah sebesar Rp5 miliar dan bantuan langsung untuk masyarakat sebesar Rp2,9 miliar.