Tanah longsor tutup bagian jalan Bandung-Garut

id longsor garut, jalan bandung garut,bencana tanah longsor,longsor,tanah longsor

Tanah longsor tutup bagian jalan Bandung-Garut

Jalan Bandung-Garut tertimbun longsor di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (5/4/2019). (Dokumentasi BPBD Garut)

Garut, Jawa Barat (ANTARA) - Longsoran tanah menutup sebagian badan jalan provinsi Bandung-Garut di kawasan Talegong, Kabupaten Garut, membuat kendaraan tidak bisa melewati jalan itu sejak Kamis (4/4) malam hingga Jumat siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Djakaria mengatakan longsoran tanah dari tebing menutup badan jalan sehingga tidak bisa dilewati kendaraan beroda dua maupun empat.

"Akses jalan provinsi tidak bisa dilalui," katanya.

Hujan deras yang lama mengguyur wilayah selatan Garut pada Kamis malam menyebabkan tanah longsor di beberapa titik, yang paling besar di kawasan Curug Citalegong, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong.

"Longsor juga membuat warung hancur tertimpa pohon, perkiraan kerugian Rp30 juta, korban jiwa tidak ada," kata Dadi.

Petugas BPBD Garut bersama masyarakat setempat sudah berupaya untuk menanggulangi dampak tanah longsor tersebut, termasuk membersihkan longsoran tanah dari jalanan supaya jalan bisa segera dilewati kendaraan.

Guna membersihkan longsoran tanah, BPBD Garut berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat untuk menurunkan alat berat.