Ratusan rumah di OKU tak layak huni

id Rumah tak layak huni, rumah, kumuh, bedah rumah

Ratusan rumah di OKU tak layak huni

Ilustrasi - Warga dan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) bergotongroyong melaksanakan program bedah rumah. (Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

Baturaja (ANTARA) - Ratusan unit rumah warga di Desa Bandar Agung, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan tidak layak huni sehingga butuh bantuan dana perbaikan melalui program bedah rumah.

Menurut Kepala Desa Bandar Agung, Ogan Komering Ulu (OKU) Sailan di Baturaja, Sabtu mengatakan bahwa program bedah rumah amat diharapkan masyarakat di desa setempat agar dapat memperbaiki rumahnya sehingga layak dihuni.

"Sejauh ini ada sekitar 400 unit rumah tidak layak huni di desa kami yang butuh bantuan dana untuk memperbaikinya melalui program bedah rumah," katanya.

Dia menjelaskan, ratusan unit rumah milik petani di desa setempat tersebut kondisinya memprihatinkan karena hanya berdinding papan dari sisa pemotong kayu hutan. 

"Rumah-rumah tersebut sudah lama dibangun, tapi pemiliknya tidak punya dana untuk merenovasi rumah," ungkapnya.

Bahkan kata dia, ada beberapa unit rumah warga yang tidak layak huni tersebut kondisi bangunannya sudah  miring dan nyaris ambruk ke tanah.

"Oleh sebab itu warga berharap program bedah rumah di Kabupaten OKU ini menyentuh desa kami," harapnya.

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKU Ulia Mahdi melalui Sekretaris, Hasan HD saat dikonfirmasi secara terpisah melalui telepon genggamnya tidak dapat dihubungi karena dalam keadaan tidak aktif.