Ratusan hektare sawit dan kebun karet milik petani terendam banjir

id banjir,sawah,kebun karet,kebun sawit,Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung,Kecamatan Way Serdang,Desa Wira Bangun,curah hujan tinggi,luapan sungai,berita

Ilustrasi- Sejumlah petani memanen padi menggunakan perahu berbahan terpal di sawah mereka yang terendam air. (ANTARA/Feny Selly)

Mesuji, Lampung (ANTARA) - Ratusan hektare kebun karet dan sawit milik warga di sejumlah desa, pada Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung terendam banjir dalam sepekan terakhir.

"Akibatnya, usaha masyarakat di tempat kami terhenti total karena komoditas itu merupakan mata pencaharian utama," kata Yahman, warga Desa Wira Bangun Kecamatan Simpang pematang dan Kecamatan Way Serdang, Lampung, Sabtu.

Curah air hujan di Mesuji masih tinggi sehingga kebun karet dan sawit warga yang sebagian besar berada di pinggiran sungai tersebut masih terendam banjir.
Ratusan hektare kebun karet dan sawit milik warga sejumlah desa masih terendam banjir di Kabupaten Mesuji. (ANTARA/Raharja)

"Hari ini kelihatannya debit Sungai Mesuji naik kembali dan air mulai menggenangi kebun sawit dan karet," tambahnya .

Petani karet lainnya, Gianto warga Dusun Pa, Kecamatan Wayserdang mengakui meski banjir belum surut, sebagian besar kebun karet dan sawit warga yang berada di dataran rendah masih terendam banjir sehingga tidak bisa menyadap karet dan memanen sawit .

"Ia berharap banjir cepat surut, karena sudah mengganggu perekonomian warga. Kami juga mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah," tambahnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar