BPBD OKU imbau warga waspadai banjir

id BPBD OKU,musim hujan,Badan Penanggulangan Bencana Daerah,mewaspadai bencana banjir,Kasi Kesiapsiagaan BPBD OKU, Mailan Purnama,banjir di oku,berita su

BPBD OKU imbau warga waspadai banjir

Warga melintasi banjir yang merendam Desa. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp)

Baturaja (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan(Sumsel)  mengimbau warga di bantaran sungai di wilayah itu agar mewaspadai bencana banjir.

"Sebab kondisi sering turun hujan lebat seperti sekarang ini berpotensi menyebabkan terjadinya banjir," kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD OKU, Mailan Purnama di Baturaja, Jumat.

Menurut dia, intensitas hujan cukup tinggi yang terjadi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan debit air sungai Ogan menjadi meningkat sehingga berpotensi menimbulkan bencana banjir.

Oleh sebab itu kata dia, masyarakat yang tinggal di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan seperti di kecamatan Ulu Ogan, Pengandonan, Baturaja Timur, Lubuk Batang, Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya diimbau untuk mewaspadai bencana banjir.

"Warga diimbau tetap waspada kemungkinan datangnya luapan air. Seperti pada Senin (25/3) di daerah Kecamatan Ulu Ogan dan Pengandonan terjadi hujan lebat menyebabkan debit sungai Ogan naik hingga menimbulkan bencana banjir," kata Mailan.

Dia mengemukakan, dari laporan relawan BPBD sebelumnya sempat terjadi banjir selama dua jam yang merendam 35 rumah di desa Kelumpang dan10 rumah di desa Gunung Tiga.

"Banjir juga merusak fasilitas sekolah di SMAN 12 OKU desa Ulak Lebar, jebolnya beronjong di desa Kelumpang dan merusak jembatan penghubung antardusun desa Kelumpang," ujar Mailan.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mengimbau warga yang bermukim di daerah yang berpotensi terjadi banjir tersebut agar selalu waspada guna mengantisipasi adanya korban jiwa akibat bencana banjir," ujarnya.