Menteri Keuangan harapkan MRT jadi solusi kemacetan di Jakarta

id Sri Mulyani Indrawati,menteri keuangan,mrt jakarta,transportasi massal,kemacetan jakarta,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemb

Menteri Keuangan harapkan MRT  jadi solusi kemacetan di Jakarta

Menteri Keuangan Sri Mulyani . (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan peresmian Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia bisa menyelesaikan persoalan kemacetan dan mobilitas masyarakat ibukota yang tinggi.

"Ini merupakan investasi yg berharga untuk Jakarta yang traffic-nya begitu besar dan mobilitas masyarakatnya begitu cepat," kata Sri Mulyani saat mendampingi Presiden dalam meresmikan pengoperasian MRT di Jakarta, Minggu.

Sri Mulyani pun meminta kepada warga Jakarta untuk bisa ikut merawat fasilitas MRT agar moda transportasi ini dapat bermanfaat dalam waktu yang lama untuk melayani masyarakat urban yang tinggal di pinggiran ibukota.
Warga menunggu keberangkatan kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

"Seluruh masyarakat ikut berpartisipasi untuk menjaga kebersihannya, menjaga pengelolaannya, menjaga ketertibannya, karena ini adalah dibangun oleh uang rakyat kita semua," katanya.

Ia juga mengharapkan fasilitas ini akan segera terhubung dengan moda transportasi lainnya, seperti Trans Jakarta maupun KRL Commuter Line, termasuk dengan MRT tahap kedua yang segera dilakukan pembangunannya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama para pejabat terkait meresmikan MRT Jakarta Tahap I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.

Selain meresmikan pengoperasian MRT Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran HI, Presiden juga mencanangkan pembangunan MRT Tahap II rute Bundaran Hotel Indonesia-Kota sepanjang 8,7 kilometer.

Pada awal sambutannya, Presiden mengatakan pengoperasian MRT Jakarta akan memulai peradaban baru di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Presiden meminta masyarakat disiplin dalam memanfaatkan fasilitas MRT Jakarta sehingga fasilitas itu dapat terawat dan beroperasi dengan baik.