Pemprov-Pelindo kerja sama bangun pelabuhan laut

id pelabuhan laut,pelabuhan,pelindo ii,pemprov sumsel,taa,tanjung api-api,gubernur sumsel,herman deru

Ilustrasi Pelabuhan Tanjung Api Api Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (ANTARA News Sumsel/ Evan Ervani/16)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan PT Pelindo II akan membangun pelabuhan laut di kawasan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin.

"Pemprov Sumsel telah menandatangani nota kesepakatan dan kesepahaman (MoU) dengan Pelindo II dalam pengembangan pelabuhan laut dalam Tanjung Carat tersebut," kata Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Jumat.

Gubernur yakin akan ada percepatan pembangunan karena semua pihak seperti Pemprov dan Pelindo sudah sepakat.

Langkah percepatan itu antara lain meliputi investigasi dari pihak Pelindo tentang draft hingga rencana bisnisnya ke depan.

Meski baru sebatas MoU, lanjut mantan Bupati Ogan Komering Ulu Timur tersebut, beberapa perusahaan sudah berminat menggunakan jasa pelabuhan laut dalam itu salah satunya adalah PT Pusri.

"Jika ini nanti beroperasi tentu para pengusaha ekspor di Sumsel tidak perlu jauh-jauh lagi ke Lampung dan Bengkulu atau Padang? untuk mengirim barang," kata dia.

Nanti pelabuhan laut dalam ini akan bisa disandari kapal dengan bobot 30.000 ton, ujar dia.

Besar pelabuhan yang akan dibangun juga tidak tanggung tapi luas pelabuhan harus dipersiapkan sampai masa mendatang sehingga tidak sempit.

Menurut dia, dirinya amat senang membayangkan Sumsel segera memiliki pelabuhan laut selain Bombaru karena jika ini terealisasi akan? berdampak langsung pada pertumbuhan ekspor komoditas seperti kelapa, kelapa sawit dan lainnya.

Apalagi pelabuhan Bombaru sudah sangat padat dan berada di tengah kota sehingga pengembangan kawasan Tanjung Api-Api ini sangat mendesak, kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar